Breaking News

Kemendag Buat Program Minyak Goreng Rakyat, Rp 14.000 per Liter


Kementerian Perdagangan atau Kemendag membuat program minyak goreng rakyat. Melalui program ini masyarakat dapat membeli minyak goreng curah seharga Rp 14 ribu per liter di ritel tradisional yang sudah ditunjuk oleh Kemendag.

Mendag, Muhammad Lutfi menjelaskan proses transaksi pembelian minyak goreng curah di ritel tradisional yang sudah ditunjuk Kemendag ini menggunakan aplikasi digital. Masyarakat yang ingin membeli diwajibkan membawa KTP, dan setiap pembelian dibatasi 2 liter per hari untuk setiap KTP.

"Program ini sekarang sudah ada di 1.200 titik yang rencananya akan jadi 10.000 titik pada kesempatan pertama di seluruh Indonesia," kata Lutfi saat meninjau langsung di Kecamatan Makasar, Jakarta Timur, Selasa (17/5).

Mendag berharap, program ini dapat mempermudah masyarakat dalam memenuhi kebutuhan mereka. Dirinya juga menegaskan bahwa program ini diinisiasi pemerintah untuk ketersediaan dan keterjangkauan minyak goreng curah di dalam negeri.

"Mudah-mudahan dengan adanya 10.000 titik pada kesempatan pertama di seluruh Indonesia kita bisa menstabilkan keterjangkauan dan ketersediaan minyak goreng," kata dia.

Mendag menjelaskan, lokasi yang dipilih sebagai penyalur minyak goreng curah dari program ini adalah ritel tradisional yang berlokasi di titik-titik padat penduduk. Dengan target 10.000 titik, Lutfi berharap antrean panjang tidak terjadi lagi seperti beberapa waktu lalu ketika masih diterapkan HET.
11 Juta Liter Minyak Goreng Curah Siap Digelontorkan

Ditemui terpisah, Dirjen Perdagangan Dalam Negeri, Oke Nurwan menjelaskan bahwa program ini tidak menggunakan anggaran pemerintah sebagai subsidi. Melalui produsen yang sudah berkomitmen, minyak goreng curah akan didistribusikan melalui ID Food dan PT Indomarco dan dijual di ritel tradisional yang sudah ditunjuk Kemendag.

Oke tak menyebut siapa saja produsen yang sudah bergabung. "Baru 4 (produsen) tapi jumlahnya lumayan. Baru 2 saja sudah komitmen sekitar 10.000 ton, itu hampir 11 juta liter," kata Oke saat ditemui wartawan

Oke menjelaskan, setiap titik ritel tradisional yang telah ditunjuk Kementerian Perdagangan nantinya akan dipasok minyak goreng curah sebanyak 200 liter per hari untuk dapat dijual ke masyarakat dengan harga Rp 14 ribu per liter.

Sumber: kumparan
Foto: Menteri Perdagangan Muhammad Lutfi meninjau lokasi penjualan minyak goreng curah Rp 14 ribu/liter di Toko Wongso, Kecamatan Makasar, Jakarta Timur, Selasa (17/5/2022). Foto: Akbar Maulana/kumparan
Kemendag Buat Program Minyak Goreng Rakyat, Rp 14.000 per Liter Kemendag Buat Program Minyak Goreng Rakyat, Rp 14.000 per Liter Reviewed by Admin Kab. Semarang on Rating: 5

Tidak ada komentar