Breaking News

Kemenperin Apresiasi Kendaraan Multiguna Fin Komodo KD 250 X Buatan Cimahi


Komando Bhayangkara - Satu lagi produk Indonesia yang bisa dibanggakan, kendaraan multifungsi yang dirancang dengan penggunaan untuk berbagai kegiatan di medan sulit.

Mobil roda empat yang dirancang khusus melintasi medan terjal ini memiliki desain yang apik, sekilas tampak mirip Jeep terbuka. Disebut-sebut, desain mobil dibuat agar memiliki kenyamanan layaknya mobil sedan.

Mobil yang dirancang dengan menggabungkan teknologi pesawat terbang dan kendaraan darat sehingga membuat suspensinya terasa lentur, ringan dan lincah.

Ini lah kendaraan multiguna bernama Fin Komodo KD 250 X, rancangan Ibnu Susilo dari PT Fin Komodo asal Cimahi, Jawa Barat. 

Mobil dengan bobot 420 kilogram ini telah meraih penghargaan Grand Awards IGDS 2020 kategori Design Product, yang diselenggarakan oleh Kementerian Perindustrian bertajuk Indonesia Good Design Selection (IGDS) 2020.

Acara yang digelar untuk menjaring para desainer lokal yang mampu menciptakan desain produk industri yang inovatif, berkualitas dan berkarakter Indonesia. 

PT Fin sebagai pembuat mobil tersebut, diketahui sejak 2018 telah memproduksi delapan mobil multiguna Fin Komodo untuk pengguna dalam dan luar negeri.

Dari segi harga, mobil buatan Fin Komodo bisa bersaing dengan mobil outdoor lainnya. Per unitnya dibanderol hanya Rp110 juta. 

Tidak perlu diragukan kualitasnya, sejauh ini karya Fin Komodo telah banyak dicoba oleh para penggemar olahraga off road. 

Melalui kemampuannya, kendaraan ini diharapkan dapat digunakan sebagai kendaraan penghubung antar wilayah yang memiliki akses kurang baik, atau daerah terpencil.

Karena itu Direktur Jenderal Industri Kecil, Menengah, dan Aneka (IKMA) Kemenperin, Gati Wibawaningsih menilai bahwa kendaraan multi fungsi seperti Fin Komodo dapat menunjang pemerataan ekonomi di pedesaan.

Menanggapi karya anak bangsa ini, Rudi Budiman yang merupakan pengamat desain otomotif sekaligus juri di IGDS 2020, menganggap bahwa Fin Komodo bisa menjadi tonggak desain kendaraan multiguna di Tanah Air. 

“Kehadirannya menjawab semua kebutuhan area rural dan sangat berpotensi untuk pengembangan desain yang lebih spesifik,” ujar Rudi seperti dikutip dari Kemenperin, Kamis, 21 Januari 2021.

Selain untuk mobilitas masyarakat, Fin Komodo dinilai dapat digunakan untuk kendaraan TNI dalam upaya menjaga wilayah perbatasan. 

Para penjaga hutan pun dapat memanfaatkan mobil ini untuk mengatasi kebakaran hutan dan lahan lantaran karena Fin Komodo mampu menjelajah kubangan dan tanah terjal dengan performa yang baik.

“Mobil ini juga bisa dipakai untuk evakuasi, penunjang kegiatan pertanian, pertambangan, perkebunan, dan kegiatan lain yang tidak dapat dijangkau kendaraan konvensional,” kata Rudi.
Kemenperin Apresiasi Kendaraan Multiguna Fin Komodo KD 250 X Buatan Cimahi Kemenperin Apresiasi Kendaraan Multiguna Fin Komodo KD 250 X Buatan Cimahi Reviewed by Admin Pusat on Rating: 5

Tidak ada komentar