Breaking News

Kembangkan Ekonomi Pesantren, Pemprov Jateng Bekerjasama dengan HIPSI


Komando Bhayangkara, Semarang - Pemerintah  Provinsi Jawa Tengah siap bekerjasama dengan Himpunan Pengusaha Santri Indonesia (HIPSI) Jateng untuk mengembangkan ekonomi dari sektor pesantren. Sehingga santri tidak hanya menguasai ilmu agama tetapi juga mampu berkiprah di berbagai bidang usaha. 

Hal itu senada dengan yang  disampaikan Wakil Gubernur Jawa Tengah Taj Yasin di sela acara pelantikan Pengurus Dewan Pimpinan Wilayah (DPW) HIPSI Jawa Tengah dan soft launching program HIPSI Jateng, di Hotel Pandanaran Semarang, Sabtu (20/2/2021).

"Kami berharap HIPSI kedepan bisa bekerjasama dengan pemerintah mengembangkan ekonomi dari sektor pesantren. Sebagai bagian dari pengusaha Indonesia, maka HIPSI juga diharapkan mampu mengembangkan usaha yang tidak lepas dari upaya amar ma'ruf nahi munkar," ujarnya. 

Bekerjasama dengan HIPSI, bukan hanya untuk mengembangkan usaha para pengurus HIPSI, melainkan juga mengajak pengurus HIPSI untuk memberikan edukasi dan motivasi terhadap santri dan masyarakat di lingkungan ponpes. Sehingga masyarakat pesantren menjadi melek atau paham bahwa yang dibutuhkan bukan hanya ilmu agama tapi juga ilmu ekonomi.

Ia menjelaskan, sinergi antara ponpes dengan Pemprov Jateng sudah terjalin sejak 2018. Antara lain program Ekonomi Pondok Pesantren (Ekotren) yang melibatkan berbagai instansi, seperti Dinas Koperasi, Dinas Perindustrian dan Perdagangan, serta Dinas Tenaga Kerja. Program ini memberikan pelatihan berwirausaha serta keterampilan berbagai bidang kepada para santri dan masyarakat di lingkungan pondok pesantren.

"Kami juga memberikan sertifikasi berbagai keterampikan terhadap para santri maupun masyarakat di lingkungan pesantren. Alhamdulillah banyak para santri dan alumni pesantren yang membuka usaha di bidang kuliner, kita dorong dan bantu mengurus izin BPOM dan sertikat halal," bebernya.

Sementara itu Menteri Agama H Yaqut Cholil Qoumas dalam sambutannya yang disampaikan Staf Khusus Menteri Agama Wibowo Prasetyo, berharap HIPSI Jateng berkolaborasi dengan bahan untuk pesantren untuk mengembangkan perekonomian santri dan lingkungannya. 

"Saya berharap HIPSI dapat berkolaborasi dan mengembangkan ekonomi pesantren pemberdayaan pesantren memiliki dampak ekonomi luas mulai dari internal pesantren hingga lingkungan sekitarnya secara luas,"
Kembangkan Ekonomi Pesantren, Pemprov Jateng Bekerjasama dengan HIPSI Kembangkan Ekonomi Pesantren,  Pemprov Jateng  Bekerjasama dengan HIPSI Reviewed by Admin Kab. Semarang on Rating: 5

Tidak ada komentar