Breaking News

Panglima TNI Imbau Warga Bergejala Covid-19 Segera Datangi Tempat Isoter


Komando Bhayangkara - Panglima TNI Marsekal TNI Hadi Tjahjanto mengimbau seluruh pasien virus corona baru (Covid-19) yang saat ini sedang menjalani isolasi terpusat (Isoter) di Asram Haji Donohudan dan SD Negeri Panularan Surakarta, untuk menyampaikan pesan ke keluarga dan tetangganya.

Kata Panglima TNI, para pasien yang sedang Isoter itu bisa menggunakan media whatsapp atau short message service (SMS).

Dijelaskan Panglima TNI, pesan yang perlu disampaikan adalah bagi yang merasa telah bergejala Covid-19 agar segera menuju ke lokasi Isoter terdekat untuk dilakukan swab Antigen  atau Polymerase Chain Reaction (PCR).

Pesan itu disampaikan Panglima saat meninjau langsung pelaksanaan Isolasi Terpusat di Asrama Haji Donohudan dan SD Negeri Panularan Surakarta, Kec. Serengan, Kota Surakarta, Solo, Minggu (25/7).

Panglima TNI juga memberikan beberapa penekanan terkait prosedur tetap penanganan yang harus dilakukan oleh Babinsa dan Bhabinkamtibmas yaitu dengan melibatkan tim dari kesehatan untuk penanganan warga yang terkonfirmasi Covid-19.

“Ada beberapa langkah yang harus diambil oleh aparat kewilayahan dalam menangani masyarakat yang terkonfirmasi Covid-19 dan bekerja sama dengan tim kesehatan,” ujarnya.

Di sisi lain, Panglima TNI menyampaikan bahwa tracing adalah kunci untuk memutus mata rantai penyebaran Covid-19. Untuk itu, jika ada warga yang terkonfirmasi Covid-19 harus segera dilakukan tracing kontak erat kepada 15 orang terdekat dan melaksanakan swab antigen, kemudian lakukan isolasi mandiri selama 5 hari.
 
“Setelah itu melakukan swab PCR, jika masih positif kembali melaksnakan isolasi, kalau ada warga tidak mau diswab PCR, harus melaksanakan isolasi selama 14 hari,” jelasnya.

Peninjauan Panglima TNI didampingi Kepala BNPB Letjen TNI Ganip Warsito, Kabaharkam Polri Komjen Arief Sulistyanto, dan Pangkogabwilhan II Marsdya TNI Imran Baidirus.

Kehadiran Panglima TNI dan rombongan disambut Walikota Solo Gibran Rakabuming Raka, Dandim Solo Letkol Arm Ronald Siwabessy dan Kapolres Boyolali AKBP Morry Ermond. (MKB/RMOL)

Foto: Panglima TNI Marsekal Hadi Tjahajnto saat tinjau tempat Isoter di Solo, Jawa Tengah/Ist
Panglima TNI Imbau Warga Bergejala Covid-19 Segera Datangi Tempat Isoter Panglima TNI Imbau Warga Bergejala Covid-19 Segera Datangi Tempat Isoter Reviewed by Admin Kab. Semarang on Rating: 5

Tidak ada komentar