Breaking News

Senjata Andalan Kopassus, dari Menembus hingga Meledakkan


Sebagai pasukan yang salah satu tugasnya menjalani operasi perang militer (OMP), Kopassus tentu membutuhkan alat yang memadai, salah satunya senjata api. Sejak awal pembentukannya hingga saat ini, Kopassus memiliki senjata-senjata andalan yang digunakan untuk melancarkan operasinya. Berikut deretan senjata-senjata yang dijadikan andalan oleh Kopassus.

1. Bren

Bren merupakan jenis senapan mesin ringan (SMR) buatan Inggris. Senjata ini menjadi salah satu senjata yang diandalkan oleh Kopassus di awal masa pembentukannya pada 1953 untuk mendukung operasi Kopassus.

Senjata yang dibawa Inggris beberapa waktu setelah Inggris yang tergabung dalam pasukan sekutu datang ke Indonesia pasca kekalahan Jepang. Bren digunakan oleh Kopassus hingga tahun 1991.

2. MP-2

MP-2 atau IMI Uzi termasuk senjata mesin ringan yang bentuknya menyerupai pistol. Senjata yang dikembangkan pada 1949 ini mampu menjamin kestabilan penembak dan senjata itu sendiri ketika peluru ditembakkan, walaupun ditembakkan menggunakan salvo panjang. MP-2 mampu menembak peluru sebanyak 60 butir per menit, bahkan bisa mencapai 100 hingga 120 peluru per menit ketika tembakkan dilakukan secara beruntun.

Senjata ini pernah digunakan oleh Kopassus dalam misi pembebasan sandera di Woyla, Thailand pada tahun 1981 karena keefektifannya dalam menembak.

3. MP5

Senjata ini menjadi salah satu senjata andalan Kopassus dalam pertempuran jarak dekat. Senapan produksi Jerman yang telah diproduksi sejak 1960 ini telah memiliki sejumlah varian yang dipakai oleh sejumlah negara, termasuk Indonesia.

MP5 atau Heckler & Koch Maschinenpistole ini memiliki akurasi dan keandalan yang tinggi serta dapat dioperasikan dan dirawat dengan mudah. Tidak heran senjata ini menjadi andalan tidak hanya di Indonesia tapi juga lebih dari 50 negara di dunia.

Senapan mesin yang berbentuk pistol ini memang didesain untuk kepentingan pasukan khusus dengan kemampuan menembak 800 peluru per menit.

4. SS-2 V5

SS-2 atau Senapan Serbu 2 yang merupakan senjata buatan dalam negeri juga menjadi salah satu senjata andalan TNI sejak 2005 lalu. Varian SS-2 V5 sendiri baru diproduksi pada tahun 2012 dan secara khusus diproduksi untuk kebutuhan Kopassus.

Varian yang dibuat khusus untuk Kopassus ini didesain agar lebih nyaman untuk dipakai, di antaranya dengan ukuran yang lebih ringan dan pendek serta lebih praktis dalam penggunaannya karena dilengkapi dengan ball stoper.

Senjata ini juga memiliki ketahanan yang tinggi terhadap kelembaban dan akurasi yang tinggi. Jangkauan tembak SS-2 V5 dapat mencapai 400 – 500 meter.

5. AK-47

AK-47 dengan kepanjangan Avtomat Kalashnikova 1947 merupakan salah satu senjata andalan Kopassus dalam beberapa operasi, seperti Trikora, Dwikora, dan penumpasan G30S. Pada 1960-an, senjata ini dialirkan ke Indonesia oleh negara produsennya, Uni Soviet, yang pada saat itu hanya dapat digunakan oleh pasukan elite, salah satunya adalah Resimen Para Komando Angkatan Darat (RPKAD).

Beberapa keunggulan dari senapan ini antara lain pengunaannya dan perawatannya mudah, bahkan sekalipun senapan tersebut jatuh ke lumpur, senjata tersebut tidak pernah macet.

6. SPR-2 Kaliber 12,7 mm

Senjata ini tergolong dalam senjata array presisi tinggi yang menjadi salah satu senjata andalan Kopassus TNI AD. Sniper berkaliber dengan peluru 12,7 mm ini memiliki kemampuan untuk melihat sasaran di malam hari. Tak hanya itu, senjata ini juga memiliki jangkauan tembak hingga 2 kilometer dan memiliki 3 efek amunisi, yakni menembus, membakar, dan meledakkan.

7. Sniper Weapon System atau SWS M24

Selain SPR-2, Kopassus juga memiliki sniper andalan lain yaitu SWS M24. Senjata produksi Remington Arms, Amerika Serikat ini memiliki kemampuan menembak mati target sasaran dengan jarak efektif mencapai 1,5 kilometer. Diketahui beberapa varian senjata ini telah digunakan di sejumlah perang besar di dunia, seperti Perang Irak dan Perang Teluk I.

8. Barret M82

Senjata rancangan Barret Firearms Manufacturing, Amerika Serikat ini juga menjadi salah satu senjata yang digunakan oleh Kopassus. Di Asia Tenggara, Indonesia menjadi satu dari empat negara yang memiliki senjata tersebut.

Senjata ini merupakan senapan semi otomatis dengan panjang laras 73,7 sentimeter. Penembak dapat membunuh target sasaran dalam jarak tembak hingga 1,8 kilometer. (MKB/OKEZONE)

Foto: SPR-2 (foto: Pindad)
Senjata Andalan Kopassus, dari Menembus hingga Meledakkan Senjata Andalan Kopassus, dari Menembus hingga Meledakkan Reviewed by Admin Kab. Semarang on Rating: 5

Tidak ada komentar