Breaking News

Dayak Iban Bersama Anggota Satgas Yonif 144/JY Lestarikan Budaya Nugal di Perbatasan


Komando Bhayangkara, Klawik,- Anggota Satgas Pam Tas RI-Malaysia Yonif 144/JY melaksanakan Nugal bersama warga Dayak iban di desa Bakul Kecamatan Batang Lupar Kabupaten Kapuas Hulu Kalbar.

Hal ini disampaikan Dansatgas Pamtas RI-Malaysia Letkol Inf Andri Suratman dalam keterangan tertulisnya di Pos Kotis Badau.kamis (23/09/2021).

Menanam padi dengan cara Nugal sudah menjadi tradisi orang Dayak iban yang ada di perbatasan sejak zaman dahulu hingga sekarang, Nugal ini juga dilakukan untuk menjaga dan melestarikan budaya Dayak iban agar tidak punah ditengah kemajuan zaman modern sekarang ini, seperti yang di lakukan oleh anggota Satgas Kami Pos klawik Ssk 1 bersama warga Dayak iban, merupakan bentuk kepedulian dan terjalin hubungan yang harmonis antar satgas dengan masyarakat sehingga terbentuk nya Kemanunggalan TNI dengan rakyat", ujarnya.

Salah satu tokoh masyarakat pak Juna, mengucapkan terimakasih banyak atas bantuan dari bapak-bapak Satgas, yang telah membantu kegiatan Nugal bersama warga kami, kegiatan Nugal ini sudah turun menurun sejak zaman dahulu, apalagi sekarang sudah memasuki musim hujan", Imbuhnya.

Pratu Asip Hidayat dan tiga rekannya saling bekerjasama dengan warga Dayak iban dalam kegiatan Nugal,mulai dari  menancapkan tongkat kayu ke tanah, sehingga bisa memasukkan benih padi ke dalam lobang, harapan nya bisa dapat panen yang berlimpah serta warga Dayak bisa mendapatkan banyak padi dan Lumbug padi mereka mempunyai stok yang banyak", ujarnya.

Kegiatan Nugal ini mendapatkan sambutan yang hangat dari warga Dayak iban dan terjalin hubungan yang harmonis,serta selalu mensosialisasikan tentang prokes.(Pen Yonif 144/JY).
Dayak Iban Bersama Anggota Satgas Yonif 144/JY Lestarikan Budaya Nugal di Perbatasan Dayak Iban Bersama Anggota Satgas Yonif 144/JY Lestarikan Budaya Nugal  di Perbatasan Reviewed by Komando Bhayangkara on Rating: 5

Tidak ada komentar