Breaking News

Aktor Utama Ditangkap, Total 23 Orang Ditetapkan Polisi Sebagai Tersangka Rusuh di Yahukimo


Komando Bhayangkara - Tim gabungan Polres Yahukimo dan Satuan Tugas (Satgas) Nemangkawi berhasil menangkap Morume Keya Busup yang merupakan pelaku utama penyerangan suku Yali di Yahukimo, Papua. Dengan demikian sudah 23 orang ditetapkan sebagai tersangka oleh kepolisian.

"Jadi sampai saat ini sudah 23 tersangka yang ditahan oleh Polres Yahukimo untuk penyelesaian kasus kekerasan di Kabupaten Yahukimo, Papua," kata Karo Penmas Divisi Humas Polri Polri Brigjen Rusdi Hartono kepada wartawan, Minggu (10/10).

Rusdi menambahkan, saat ini pihaknya masih mengusut penyebab bentrokan antar suku itu. Polisi juga masih mendalami peran dari masing-masing tersangka, termasuk peran Morume yang diduga menjadi otak kerusuhan tersebut.

"Berdasarkan informasi dari Polda Papua dan Polres Yahukimo, yang bersangkutan adalah yang menginisiasi kemudian mengumpulkan dan menggerakkan daripada kelompok suku Kimyal sehingga terjadi kekerasan di Yahukimo," katanya.

Peristiwa itu diduga dipicu kabar simpang siur alasan meninggalnya mantan Bupati Yahukimo Abock Busup saat tugas ke Jakarta. Sementara, Abock sendiri ditemukan tak sadar diri di kamar Hotel Grand Mercure, Jakarta Pusat. Pihak Kepolisian menegaskan bahwa tidak ada tanda-tanda kekerasan maupun obat-obatan. Abock akhirnya dibawa ke RS Meilia Cibubur sekitar pukul 11.00 WIB dan nyawanya tak tertolong. (MKB/RMOL)

Foto: Karo Penmas Divisi Humas Polri Brigjen Rusdi Hartono/Net
Aktor Utama Ditangkap, Total 23 Orang Ditetapkan Polisi Sebagai Tersangka Rusuh di Yahukimo Aktor Utama Ditangkap, Total 23 Orang Ditetapkan Polisi Sebagai Tersangka Rusuh di Yahukimo Reviewed by Komando Bhayangkara on Rating: 5

Tidak ada komentar