Breaking News

Kasus Pinjol Berlanjut, Ada yang Punya Jabatan Lebih Tinggi Kini Diburu Polisi


Komando Bhayangkara - Beberapa waktu yang lalu pihak Polda Jawa Barat berhasil mengungkap kasus pinjaman online atau pinjol.

Setelah menangkap sejumlah pelaku, Direktorat Reserse Kriminal Khusus (Ditreskrimsus) Polda Jawa Barat kini menargetkan untuk menangkap pelaku lainnya dalam kasus pinjol tersebut.

Pelaku yang kini sedang diburu tersebut adalah pemodal dalam aplikasi pinjol yang telah meresahkan masyarakat tersebut.

Mengenai pelaku yang saat ini sedang diburu, Direktur Reserse Kriminal Khusus Polda Jawa Barat Kombes Pol Arief Rachman menyebut pemodal tersebut memiliki jabatan yang lebih tinggi ketimbang pelaku berinisial RS yang merupakan bos dan telah ditangkap. 

"Kita masih pengembangan kepada 'founder'-nya sampai kemana pun saya kejar," kata Arief di Bandung, Jawa Barat, Sabtu 30 Oktober 2021.

Adapun selain RS yang merupakan bos atau direktur perusahaan 23 aplikasi pinjol itu, polisi juga telah menahan tujuh tersangka lainnya dengan berbagai jabatan yakni berinisial GT, AZ, R, MZ, EA, EM, dan AB.

Mereka diungkap setelah adanya laporan dari seorang korban yang terintimidasi oleh cara penagihan pinjol itu. Setelah diusut, mereka diketahui berada di Yogyakarta dan segera dilakukan penangkapan.

Sejauh ini polisi juga telah melakukan pemblokiran terhadap 23 aplikasi pinjol ilegal tersebut. Namun bagi masyarakat yang ingin membayar hutangnya, ia meminta agar mengikuti arahan dari pemerintah. 

"Itu bukan domain kami, ikuti saja petunjuk dari Pemerintah yang sudah moratorium," katanya dilaporkan Antara.

Selain pengejaran, menurutnya polisi juga intens berkoordinasi dengan Kejaksaan Tinggi (Kejati) Jawa Barat guna mempercepat kasus pinjol itu agar segera disidangkan. Menurutnya pihak Kejati juga menaruh perhatian khusus terhadap kasus pinjol tersebut.

"Ini kolaborasi yang luar biasa untuk mempercepat proses penyelesaian kasus ini," kata Arief.*** (MKB/PIKIRAN-RAKYAT)

Foto: Polisi menggrebek kantor pinjaman online atau pinjol di Jakarta. /Dok Polres Jakarta Pusat
Kasus Pinjol Berlanjut, Ada yang Punya Jabatan Lebih Tinggi Kini Diburu Polisi Kasus Pinjol Berlanjut, Ada yang Punya Jabatan Lebih Tinggi Kini Diburu Polisi Reviewed by Admin Kab. Semarang on Rating: 5

Tidak ada komentar