Breaking News

Prajurit Kodam XII/Tpr Terima Sosialisasi Doktrin TNI AD Kartika Eka Paksi


Komando Bhayangkara, Kubu Raya - Para Prajurit Kodam XII/Tanjungpura menerima Sosialisasi Doktrin TNI AD Kartika Eka Paksi. Sosialisasi dibuka oleh Kasdam XII/Tpr, Brigjen TNI Djauhari, S.E., M.M di Aula Sudirman, Makodam XII/Tpr.  Kamis (14/10/21)

Sosialisasi Doktrin TNI AD Kartika Eka Paksi dilaksanakan secara tatap muka dan dalam jaringan (daring) diikuti satuan jajaran Kodam XII/Tpr. Sosialisasi disampaikan oleh Tim dari Kodiklatad yang diketuai oleh Brigjen TNI Agustinus Purboyo.

Kasdam XII/Tpr, Brigjen TNI Djauhari saat membuka sosialisasi mengatakan, bahwa Doktrin TNI AD, Kartika Eka Paksi merupakan doktrin tertinggi di lingkungan TNI AD. Doktrin tersebut merupakan landasan dalam merumuskan kebijakan di bidang pembinaan postur TNI AD, agar dapat digunakan dalam Operasi Militer untuk Perang maupun Operasi Militer Selain Perang.

Tentunya hal tersebut sesuai dengan tujuan Doktrin TNI AD Kartika Eka Paksi, yaitu sebagai pedoman bagi doktrin yang ada di lingkungan TNI AD dalam penyelenggaraan pembinaan dan penggunaan kekuatan.

"Oleh karena itu, dalam rangka melaksanakan tugas-tugas tersebut, TNI AD melaksanakan fungsi utama yaitu Pertempuran dan Pembinaan Teritorial. Kedua fungsi tersebut menjadi pekerjaan utama yang dilakukan oleh seluruh organisasi yang ada dibawahnya maupun seluruh prajurit TNI AD," kata Kasdam membacakan sambutan Pangdam XII/Tpr.

Sedangkan Brigjen TNI Agustinus Purboyo selaku Ketua Tim saat membacakan sambutan Dankodiklatad menyampaikan, ada beberapa hal yang melatarbelakangi dilakukannya revisi Doktrin TNI AD Kartika Eka Paksi antara lain adalah adanya perkembangan ilmu pengetahuan, teknologi informasi yang begitu cepat, perkembangan Alutsista modern dan adanya pengembangan organisasi TNI AD. Diharapkan dapat dijadikan pondasi pembelajaran agar kedepan organisasi TNI AD lebih profesional modern dan adaptif. 

"Pembahasan doktrin hasil revisi kali ini juga menjelaskan organisasi TNI AD masa depan sebagaimana pokok-pokok kebijakan Kasad, antara lain tentang pentingnya personel dan satuan menguasai dan beradaptasi dengan perkembangan teknologi informasi mencakup tentang pemanfaatan Alutsista modern serta Artificial Intelligence guna dimanfaatkan secara optimal dalam mendukung tugas pokok," katanya. (Pendam XII/Tpr)
Prajurit Kodam XII/Tpr Terima Sosialisasi Doktrin TNI AD Kartika Eka Paksi Prajurit Kodam XII/Tpr Terima Sosialisasi Doktrin TNI AD Kartika Eka Paksi Reviewed by Komando Bhayangkara on Rating: 5

Tidak ada komentar