Breaking News

Kapolri: Banyak Anggota Tak Rela Institusinya Dirusak oleh Oknum


Saat memberikan pengarahan di Polda Lampung, Kapolri Jenderal Listyo Sigit Prabowo menyampaikan bagaimana mewujudkan Polri yang diharapkan dekat dan dicintai masyarakat.

Sigit berpendapat, semangat menuju Polri yang Presisi dapat dilakukan dengan menciptakan budaya untuk memulai berbuat baik dari hal-hal yang kecil setiap harinya, baik di level terbawah hingga paling atas.

"Profesionalisme apabila tak didukung etik yang benar akan terjadi pelanggaran dan penyalahgunaan wewenang. Ini dampaknya berbahaya bagi Polri. Lakukan perbaikan, apabila tak mampu bersihkan dan evaluasi. Karena banyak anggota kita yang siap kerja dan tak rela kalau institusi kita dirusak oknum yang tak bisa memahami harapan organisasi dan masyarakat," tutur Sigit di Polda Lampung, Selasa (11/1).

Sigit mengatakan, di era dewasa ini mau tidak mau, Polri harus melakukan pembenahan dan perubahan untuk menjadi lebih baik lagi. Untuk saat ini, Sigit menyampaikan, budaya yang kurang baik selama ini harus dihapuskan dengan mengganti kebiasaan yang jauh lebih positif.

"Kita berbenah kenapa anggota melakukan pelanggaran apakah terkait faktor individu yaitu pemahaman terhadap spiritualnya lemah, pengaruh negatif komunitas, tak mampu menyesuaikan kondisi yang ada dan gaya hidup yang tak sesuai dengan budaya organisasi Polri atau dari faktor organisasi yaitu regulasi yang lemah, kurangnya wawasan literasi, kurang sarana dan prasarana. Budaya yang harus diperbaiki karena warisan lama mungkin sudah tak cocok. Bukan lagi anak buah layani pimpinan," papar Sigit.

Disamping itu, mantan Kapolda Banten ini meminta seluruh personel mau turun ke lapangan guna menyerap aspirasi dan harapan serta kemauan dari masyarakat. Dengan mendengar langsung keinginan dari warga, hal itu bisa dijadikan bahan evaluasi atau acuan untuk mewujudkan korps bhayangkara yang semakin dipercaya serta dicintai oleh warga.  

"Datang ke masyarakat dengarkan apa yang mereka inginkan. Bila perlu kumpul masyarakat tingkat Polsek, Polres, Polda. Sehingga tahu apa yang harus ditingkatkan. Akan muncul trust dari masyarakat," pungkas Sigit dalam pengarahannya. [rmol]

Foto: Kapolri Jenderal Listyo Sigit Prabowo saat memberikan pengarahan di Polda Lampung/Ist
Kapolri: Banyak Anggota Tak Rela Institusinya Dirusak oleh Oknum Kapolri: Banyak Anggota Tak Rela Institusinya Dirusak oleh Oknum Reviewed by Komando Bhayangkara on Rating: 5

Tidak ada komentar