Breaking News

Sudah Incraht, Anies Baswedan dan Panitia Pembangunan Masjid At Tabayyun Memenangkan Gugatan


Pengadilan Tata Usaha Negara (PTUN) Jakarta tanggal 12 Januari 2022 secara resmi menetapkan kemenangan Gubernur DKI dan Panitia Masjid At Tabayyun TVM secara inkracht (berkekuatan hukum tetap) melawan pengacara Hartono dan kawan-kawan.
 
Penetapan inkracht atas putusan banding dan putusan pertama PTUN Jkt Keputusan PTUN Jkt itu, 30 Agustus 2021 yang tidak menerima (NO) gugatan Hartono dkk, terhadap Gubernur DKI (Tergugat) dan Panitia Pembangunan Masjid At Tabayyun (Tergugat Intervensi).

Gugatan itu dilayangkan atas pemberian izin pemakaian tanah milik DKI di Blok C1 Perumahan Taman Villa, Jakarta Barat, kepada Panitia Pembangunan Masjis At Tabayyun (TVM).

Diberi tenggang waktu dua minggu, DR Hartono dkk menyerah, tidak melanjutkan gugatan tingkat kasasi. Gugatan Hartono tercatat dengan nomor perkara  76/G/PTUN Jkt.

Gugatan Hartono  dkk, mewakili 292 warga Taman Villa Meruya, mulai disidangkan tanggal 11 Mei 2021. Setelah berlangsung sekitar 3 bulan, Majelis Hakim PTUN Jkt, yang dipimpin Andi Muh Ali Rahman, pada tanggal 30 Agustus 2021 telah memutuskan tidak menerima gugatan para Penggugat (NO) dan menerima eksepsi Tergugat tentang obyek sengketa bukan termasuk keputusan Tata Usaha Negara karena merupakan perbuatan hukum perdata.

Atas putusan PTUN Jkt itu, para Penggugat kemudian menyatakan Banding. Tapi sampai batas waktu banding tiba, Kuasa Hukum para Penggugat tidak mengajukan memori banding ke Pengadilan Tinggi Tata Usaha Negara (PTTUN).

Lalu, PTTUN pada tanggal 30 November 2021 mengeluarkan putusan yang "menguatkan putusan PTUN Jkt."

Sebenarnya, masih ada peluang Kuasa Hukum Penggugat untuk mengajukan kasasi ke Mahkamah Agung. Tapi, lagi-lagi, sampai batas waktunya, Kuasa Hukum Penggugat tidak mengajukan kasasi.

"Kami menerima putusan inkracht PTUN Jakarta itu, pada tanggal 17 Januari 2022," kata Mindo Simamora, kuasa hukum Pemrov DKI.

Ketetapan PTUN Jakarta itu disambut gembira Panitia Pembangunan Masjid At Tabayyun.

Ketua Panitia Pembangunan Masjid At Tabayyun TVM, Marah Sakti Siregar mengatakan, dengan adanya putusan incraht itu perkara hukum terkait pembangunan masjid selesai.

Marah mengaku pihaknya menunjuk pengacara Muhammad Fayyath dan kawan-kawan ketika maju sebagai tergugat II ( intervensi).

"Alhamdulillah. Dengan demikian case is closed. Kini kami makin bisa berkonsenterasi pada penyelesaian pembangunan masjid," ujar Marah.

Masjid At Tabayyun sendiri, sejak awal November 2021 mulai dibangun di Blok D2 Perumahan TVM. Jika proses pembangunan berjalan lancar, mesjid yang sudah sekitar 30 tahun diidamkan warga muslim TVM itu.

Pada awal Ramadan 1443 April 2022 mendatang, ditargetkan masjid bisa digunakan untuk solat berjamaah 5 waktu dan solat Tarawih. [rmol]

Foto: Gubernur DKI Jakarta Anies Baswedan saat mendatangi lokasi pembangunan Masjid At Tabayyun di Taman Villa Meruya, Jakarta Barart/RMOL
Sudah Incraht, Anies Baswedan dan Panitia Pembangunan Masjid At Tabayyun Memenangkan Gugatan Sudah Incraht, Anies Baswedan dan Panitia Pembangunan Masjid At Tabayyun Memenangkan Gugatan Reviewed by Admin Kab. Semarang on Rating: 5

Tidak ada komentar