Breaking News

Bupati TOLITOLI Lakasanakan Kegiatan Kegiatan Tanam Perdana Pembenihan Padi Sawah Varietas Unggul Baru (VUB) Di Kecamatan Dampal Selatan


Komando Bhayangkara - Dalam rangka mendukung program Kementerian Pertanian dalam peningkatan produktivitas komoditas strategis tanaman pangan dan penyediaan benih bermutu khususnya komoditas padi, Badan Penelitian dan Pengembangan Pertanian Balai Besar Pengkajian dan Pengembangan Teknologi Pertanian (BPTP) Sulawesi Tengah, bersama Direktorat Pembenihan Ditjen Tanaman Pangan serta Dinas Tanaman Pangan dan Hortikultura Kabupaten Tolitoli melaksanakan kegiatan tanam Perdana perbenihan padi sawah Varietas Unggul Baru (VUB) umur Genjar Cakrabuana Agritan di lahan kelompok Tani Sinar Tani Desa Soni, Kecamatan Dampal Selatan, pada Jumat 25/2. 

Dr. Abd. Wahab.SP.,M.Si melaporkan BPTP merupakan salah satu unit pelaksana teknis Kementerian Pertanian di Provinsi Sulawesi Tengah yang merupakan salah satu unit pelaksana tugas Badan Penelitian dan Pengembangan Balai Pertanian yang mana kesehariannya di bawah koordinasi Balai Besar Teknologi Pertanian yang ada di Bogor. BPTP mempunyai salah satu tugas pokok dan fungsi yaitu pendampingan dan pengawalan inovasi pertanian, masing-masing di wilayah kerjanya di setiap provinsi. hari ini kita melaksanakan salah satu pendampingan dan pengawalan inovasi di mana hari ini melakukan panen perdana bersama. Varietas Unggul Baru Cakrabuana agritan ini merupakan salah satu varietas baru dirilis di mana potensi produksinya bisa mencapai 10,2 ton per hektar dan secara rata-rata nasional yaitu 7,5 ton per hektar. tapi di lokasi kita ini yang mempunyai kinerja yang baik dan mempunyai prestasi yang baik bisa melewati standar Nasional yaitu bisa mencapai 9,5 ton per hektar.

Teknologi bukan hanya sebatas benih unggul saja tapi juga harus didampingi beberapa teknologi-teknologi pendampingan yaitu  menggunakan jarak tanam, menggunakan pupuk secara berimbang dan melakukan pengendalian hama penyakit secara ramah lingkungan.


Selanjutnya Dr. Abdul Wahab melaporkan bahwa di Kabupaten Tolitoli ada 4 titik penyebaran pembenihan yaitu di Desa Soni Kecamatan Dampal Selatan, Desa Bambapula Kecamatan Dampal Utara di Desa Ogowele Buga Kecamatan Dondo dan di Desa Malomba Kecamatan Dondo secara luas di Kabupaten Tolitoli yaitu ada 20 hektar dan kami berharap dengan adanya kegiatan perbanyakan benih di Kabupaten Tolitoli ini di berharap sudah tidak akan ada lagi kelangkaan benih di Kabupaten Tolitoli. 

Selanjutnya Bupati Tolitoli Amran Hi. Yahya dalam sambutannya mengatakan petani seharusnya tidak hanya terfokus pada salah satu jenis benih padi saja karena ada kemungkinan salah satu jenis padi yang selalu kita tanam mengalami pengurangan. jenis benih padi yang baru adalah jenis padi pengembangan penyempurnaan dari jenis padi yang selama ini kita tanam Meskipun demikian masing-masing benih memiliki karakternya sendiri dan perlu perlakuan yang berbeda pula yang sudah disesuaikan dengan kondisi lapangan, untuk itu kepada para petani di Kabupaten Tolitoli khususnya kelompok tani Sinar Tani untuk senantiasa mengembangkan ilmu yang telah dimiliki. Hal ini penting dalam rangka meningkatkan hasil produksi pertanian utamanya tanaman padi, pertanian harus terus eksis dan senantiasa mengadakan pertemuan dengan anggota dan pengurus kelompok tani dan diharapkan kegiatan panen kelompok tani Sinar Tani Desa Soni ini dapat memberikan dampak positif bagi masyarakat petani di Kabupaten Tolitoli. terutama untuk peningkatan produksi padi di sektor pertanian, diharapkan menjadi salah satu andalan Kabupaten Tolitoli dalam pendapatan masyarakat daerah. saat ini petani sudah sangat responsif terhadap teknologi karena perkembangan zaman dan era globalisasi di mana teknologi informasi sudah merambah ke pelosok desa. Dan saya memberikan apresiasi yang tinggi kepada kelompok tani Sinar Tani yang telah berhasil mengelola lahan pertaniannya dengan baik seperti yang kita lihat saat ini mereka bisa melaksanakan panen padi sektor tanaman pangan khususnya komoditas padi mempunyai peranan yang sangat penting dan strategis dalam membangun perekonomian daerah Untuk itu perlu terus diupayakan pengembangannya karena telah berperan sebagai penyedia pangan untuk ketahanan pangan daerah penyediaan lapangan kerja dan sumber pendapatan syarat demi menuju peningkatan kesejahteraan masyarakat meningkatnya hasil produksi pertanian didukung juga oleh peran serta Penyuluh Pertanian Lapangan untuk itu lewat kesempatan ini saya menghimbau kepada seluruh Penyuluh Pertanian di daerah ini agar terus meningkatkan pembinaan kepada petani supaya mereka senantiasa membantu dalam peningkatan produksi di masa mendatang selain itu saya juga menghimbau kepada seluruh petani di daerah ini agar mengelola lahan tidur untuk ditanami berbagai kebutuhan pangan seperti umbi-umbian kacang dan lainnya Hal ini bertujuan untuk memenuhi kebutuhan pangan apalagi dalam situasi pandemi covid 19 saat ini. 

Hadir Dalam acara tersebut pejabat Direktorat Jenderal Tanaman Pangan Kementerian Pertanian Republik Indonesia, pejabat dari Balai Besar Pengkajian dan Pengembangan Teknologi Pertanian, para pejabat dari lingkungan pemerintahan Provinsi Sulawesi Tengah, para pejabat di lingkungan pemerintahan daerah Kabupaten Tolitoli, Camat Dampal Selatan dan anggota Forum Koordinasi Pimpinan Kecamatan Dampal Selatan, Kepala Desa Soni beserta pengurus BPD, para penyuluh pertanian se kabupaten Tolitoli, petani dan gabungan kelompok tani Kecamatan Dampal Selatan.

Reporter : Amalia Syahrullah
Foto       : Irfan Badaruddin
(Tim Liputan Bagian Prokopim Setdakab Tolitoli)
(red MKB)
Bupati TOLITOLI Lakasanakan Kegiatan Kegiatan Tanam Perdana Pembenihan Padi Sawah Varietas Unggul Baru (VUB) Di Kecamatan Dampal Selatan Bupati TOLITOLI Lakasanakan Kegiatan Kegiatan Tanam Perdana Pembenihan Padi Sawah Varietas Unggul Baru (VUB) Di Kecamatan Dampal Selatan Reviewed by Admin Pemalang on Rating: 5

Tidak ada komentar