Breaking News

Brigjen Iwan, Danjen Kopassus Baru yang Pernah Taklukkan Everest Bersama Prabowo


Panglima TNI Jenderal Andika Perkasa kembali melakukan mutasi sejumlah posisi Perwira Tinggi (Pati) di lingkungan TNI Angkatan Darat (AD). Mutasi yang paling mencolok yakni pergantian posisi Komandan Jenderal Komando Pasukan Khusus (Danjen Kopassus) dari Mayjen Widi Prasetijono ke Waaslat KSAD bidang Kermamil, Brigadir Jenderal (Brigjen) Iwan Setiawan.

Iwan muda tercatat sebagai lulusan dari Akademi Militer pada tahun 1992 dari kecabangan infanteri Kopassus. Danyon 22/Grup 2/Kopassus pada 2008 menjadi tugas pertama yang dijalankan pria kelahiran Bandung, Jawa Barat itu.

Iwan kembali menerima mandat untuk melanjutkan tugasnya di Wadan Pusdikpassus pada 2012-2013. Setelah itu ia mengemban tugas sebagai Danbrigif 22/Ota Manasa dalam periode 2013-2014.

Pria kelahiran 16 Februari 1968 itu kemudian kembali dipindahtugaskan sebagai Danpusdikpas­sus pada 2014-2015. Dia juga mendapat kepercayaan untuk bertugas sebagai Danrindam Jaya pada 2015-2016, sebelum akhirnya dipindahkan menjadi Danrem 052/Wijayakrama pada 2016-2018.

Selanjutnya, Iwan ditugaskan sebagai Pamen Denma Mabesad selama dua tahun pada 2018-2020. Kemudian, dia dipindahkan sebagai Danrem 173/Praja Vira Braja pada 2020-2021. Sebelum dipercaya Panglima TNI menjabat Danjen Kopassus, Iwan bertugas sebagai Waaslat KSAD bidang Kermamil.

Iwan Setiawan merupakan salah satu perwira yang ikut serta dalam tim gabungan ekspedisi Mount Everest-Nepal yang digagas dan dibentuk Prabowo Subianto pada 1997. Kala itu Iwan masih berpangkat lettu, sementara Prabowo sebagai Danjen Kopassus.  Iwan yang saat itu berusia 29 tahun, naik Everest bersama sejumlah prajurit Kopassus dan pendaki lainnya.

Mutasi Iwan sebagai Danjen Kopassus dikonfirmasi oleh Kepala Dinas Penerangan Angkatan Darat (Kadispenad), Brigjen TNI Tatang Subarna.

"Terkait mutasi jabatan Pati (Perwira Tinggi) di Lingkungan TNI AD termasuk di antaranya Danjen Kopassus, memang benar adanya," ujar Tatang melalui keterangan tertulisnya, Selasa (29/3).

Tatang menilai mutasi sebagai hal yang lumrah terjadi di lingkungan TNI. Hal itu dilakukan salah satunya untuk mendukung regenerasi hingga pembinaan karier dari tiap prajurit di lingkungan TNI.

Danjen Kopassus Brigjen Widi Prasetijono yang digantikan Iwan baru menjabat sebagai Danjen Kopassus pada 21 Januari 2022 lalu. Widi duduk sebagai Danjen Kopassus menggantikan posisi Mayjen Teguh Muji Angkasa.

Sumber: kumparan
Foto: 
Brigjen Iwan, Danjen Kopassus Baru yang Pernah Taklukkan Everest Bersama Prabowo Brigjen Iwan, Danjen Kopassus Baru yang Pernah Taklukkan Everest Bersama Prabowo Reviewed by Admin Semarang on Rating: 5

Tidak ada komentar