Breaking News

Ketika Hoegeng Tolak Jabatan Dubes Swedia dan Benelux


HOEGENG Imam Santoso merupakan salah satu tokoh kepolisian Indonesia yang pernah menjabat sebagai Kepala Kepolisian Negara Republik Indonesia ke-5. Hoegeng terkenal sebagai sosok polisi paling berani dan jujur di Indonesia oleh media dan masyarakat.

Hoegeng konsisten memberantas korupsi, penyelundupan dan tindak kriminal. Ia bahkan tidak merasa takut dengan dukungan aparat dan pejabat busuk. Hal tersebut menyebabkan munculnya perseteruan antara Hoegeng dengan Presiden Soeharto, karena sejumlah kasus diduga melibatkan orang-orang dekat Presiden Soeharto.

Sebelum akhirnya pada 2 Oktober 1971, Hoegeng diberhentikan oleh Presiden Soeharto, dengan alasan dikarenakan usia Hoegeng yang dinilai sudah tua, ia menerima surat dari Menteri Pertahanan dan Keamanan/Panglima Angkatan Besenjata (Menhankam/Pangab), M. Panggabean.

Surat tersebut berisi alasan berakhirnya masa jabatan Hoegeng dan informasi bahwa Hoegeng diusulkan untuk menjadi Duta Besar (Dubes) Swedia. Namun, Hoegeng menolak tawaran untuk menjadi Dubes Swedia tersebut.

Tidak sampai di situ saja, mendengar hal tersebut, pemerintah menawarkan Hoegeng kembali untuk menjadi Dubes di Kerajaan Belgia, Benelux dan Luxemburg (Benelux). Ia mendapat tawaran tersebut dengan alasan, Meri, istrinya merupakan keturunan Belanda, dan Hoegeng pun fasih berbahasa Belanda.

Pemerintah berharap Hoegeng akan menerima tawaran tersebut. Namun tanpa disangka-sangka, Hoegeng tetap menolaknya. Ia merasa masa jabatannya sebagai Kapolri belum berakhir, ia juga tetap ingin mengabdi di Tanah Air.

Banyak yang menilai, bahwa tawaran untuk menjadi Dubes yang diberikan kepada Hoegeng merupakan cara pemerintahan Presiden Soeharto “membuang” Hoegeng ke luar negeri. Hal tersebut seakan terbukti dengan pengganti posisi Hoegeng yang ternyata usianya jauh lebih tua daripada Hoegeng.
(Sumber: Buku Hoegeng Polisi dan Menteri karya Suhartono)

Sumber: okezone
Foto: Hoegeng dan istri (Foto: Repro/MPI)
Ketika Hoegeng Tolak Jabatan Dubes Swedia dan Benelux Ketika Hoegeng Tolak Jabatan Dubes Swedia dan Benelux Reviewed by Admin Kab. Semarang on Rating: 5

Tidak ada komentar