Breaking News

Skema Transfer Anggaran Kabupaten Berbasis Ekologi (TAKE) Resmi Diluncurkan


Komando Bhayangkara - Pemerintah Kabupaten Tolitoli Resmi meluncurkan  Skema Transfer Anggaran Kabupaten Berbasis Ekologi (TAKE). Peluncuran dilakukan oleh Sekretaris Daerah Kabupaten Tolitoli Moh. Asrul Bantilan, S. Sos, mewakili Bupati Tolitoli, senin 4/04/2022 bertempat di Aula Lantai 2 Hotel Mitra Utama Tolitoli.

Perumusan awal konsep ini diinisiasi Pemkab Tolitoli dalam hal ini Dinas Pemberdayaan Masyarakat Desa (PMD) bekerja sama dengan Yayasan Sikola Mombine dan The Asia Foundation (TAF). Kabupaten Tolitoli  sendiri merupakan Kabupaten Ke 2 setelah Kabupaten Sigi yang menerapkan Skema transfer Anggaran Kabupaten Berbasis Ekologi (TAKE). Sekretaris Daerah Kabupaten Tolitoli Moh. Asrul Bantilan,S.Sos saat membacakan Sambutan Bupati Tolitoli mengatakan skema ini diterapkan untuk mendukung terwujudnya Visi-Misi Pemerintah Daerah Kabupaten Tolitoli yakni menyelenggarakan pembangunan daerah yang berkelanjutan dan berwawasan lingkungan. Skema ini juga akan mendorong pemerintah desa dalam melakukan program perlindungan lingkungan dan ketangguhan terhadap bencana. Dikatakan skema Transfer Anggaran Kabupaten Berbasis Ekologis perlu dilakukan perluasan informasi melalui sosialisasi agar pemerintah desa di Kabupaten Tolitoli mendapatkan informasi mengenai skema ini baik mekanisme dan indikator penilaiannya. Olehnya itu perlu untuk memaksimalkan perluasan informasi skema ini melalui workshop sekaligus launching skema ini di Kabupaten Tolitoli.



Pelaksanaan skema Transfer Anggaran Kabupaten Berbasis Ekologi ini tentunya harus didukung sebagai wujud kepedulian terhadap ancaman lingkungan hidup yang sering dan sedang berlangsung  artinya untuk mewujudkan program dan kegiatan peningkatan kesejahteraan masyarakat dalam perlindungan lingkungan hidup tidak semata-mata menjadi tanggung jawab pemerintah daerah akan tetapi peran penting dan strategis pemerintahan desa juga sangat diharapkan.

Acara tersebut dihadiri Kepala Dinas Pemberdayaan Masyarakat dan Desa Moh. Dzikron, SH.,M.Si, Camat Baolan Andi Irmayanti, S.STP,M.Si, Camat Galang Aspat, S. Sos,para Kepala Desa se Kecamatan Baolan  dan Galang. Sementara  itu turut hadir secara  Zoom Meeting,  Analisis Kebijakan Koordinator SDA Lingkungan dan Kebencanaan, Ditjen PDP, Kementerian Desa, Pembangunan Daerah Tertinggal  dan Transmigrasi  RI, Anastutik, Djoko Tri Haryanto, Analis Pusat, Kebijakan Pembiayaan Perubahan Iklim Multilateral, Kementerian Keuangan, Andi Rachman Djaini, S.STP.M.AP, Kabag Pemerintahan Kab Sigi., Lili Hasanuddin Perwakilan The Asia Foundation, Roy Salam dari Indonesia Budget Center dan Koalisi Masyarakat Sipil, Nursyafitri Lasibani,S.Ip Direktur Eks Yayasan Sikola Mombine dan Dr. Ir Sudirman Dg Masiri S. Hut. M. Sc Akademisi dari Universitas Tadulako.

Reporter : Sarni Hasan
(Tim Liputan Bagian Prokopim Setdakab Tolitoli) (red MKB)
Skema Transfer Anggaran Kabupaten Berbasis Ekologi (TAKE) Resmi Diluncurkan Skema Transfer Anggaran Kabupaten Berbasis Ekologi (TAKE) Resmi Diluncurkan Reviewed by Admin Pemalang on Rating: 5

Tidak ada komentar