Breaking News

Hoax! Tol Becakayu Ambles, Ini Fakta Sebenarnya


Sejak pagi tadi, Selasa (14/6/2022), ramai di media sosial mengenai Tol Becakayu di Kota Bekasi Jawa Barat yang katanya ambles.

Setelah dicek faktanya informasi itu tidak benar alias hoax.
Yang terjadi adalah girder Proyek Kereta Cepat Jakarta-Bandung yang nyaris sundul kepala pengendara di Jembatan Curug Raya, Pondok Gede, Kota Bekasi. 

Sehingga terlihat seolah-olah Tol Becakayu di lokasi itu yang ambles.

Video sejumlah pengendara harus menundukkan kepala saat melintas viral di media sosial.

Tampak juga petugas proyek mengawal arus lalu lintas di sekitar lokasi. 
Kepala Bidang Bina Marga Dinas Bina Marga dan Sumber Daya Air (BMSDA) Kota Bekasi, Idi Susanto, mengatakan di sekitar jembatan sedang dilakukan pekerjaan menaikkan girder proyek Kereta Cepat. 

"Jadi itu pekerjaan dari KCIC (Kereta Cepat Indonesia China) kalau erection (naikin girder) clearence-nya (ruang langit-langit) tinggginya gak bisa dilewatin," kata Idi kepada wartawan, Selasa (14/6/2022). 

Pihaknya, lanjut Idi, sempat meminta pelaksanaan proyek agar dibuatkan terlebih dahulu jembatan baru sebelum memulai pekerjaan. 

Namun pihak pelaksanaan proyek memilih untuk tetap melakukan pekerjaan sambil pembangunan jembatan baru dilakukan. 

"Tapi karena schedule (jadwal) KCIC ketat jadi dikerjakan secara paralel jadi jembatan baru selesai diakhir Juli (2022) tapi dia sudah mulai pasang dulu di situ," jelas dia. 

Jembatan baru nantinya akan mengantikan jembatan lama.

Tinggi jembatan baru disesuaikan dengan girder kereta cepat agar dapat dilintasi dengan mudah. 

"Kalau jembatan baru mah aman dibuatkan agar bisa dilewati karena kalau jembatan yang lama memang sudah tidak bisa dilewati kalau sudah ada KCIC nanti jembatan lama dibongkar atau diportal lah," jelas dia. 

Posisi jembatan baru berada di sebelah jembatan lama, pengendara selama proses ini tetap dapat melintas. 

KCIC sempat melakukan percobaan kendaraan yang dapat melintas di jembatan selama pekerjaan berlangsung. 

Hanya kendaraan roda empat beratap rendah yang bisa melaju sedangkan kendaraan roda dua masih memungkinkan melintas. 

"Sementara itu (jemabatan lama) bisa dilalui kendaraan kecil tapi nanti jembatan itu ditutup kalau jembatan barunya sudah jadi," terangnya. 

Jembatan baru diproyeksikan rampung akhir Juli 2022, kurang lebih satu setengah bulan dari sekarang lalu lintas di Jembatan Curug Raya mengalami hambatan. 

"Dari pada ditutup total itu masih bisa dibuat akses sementara buat motor kendaraan kecil sampai sekitar 1 bulan setengah lah sampai akhir Juli, nanti Agustus sudah normal pakai jembatan baru," tegasnya. 

Sumber: tribunnews
Foto: Tangkapan layar girder Proyek Kereta Cepat Nyaris Sundul Kepala Pengendara di Jembatan Curug Raya Pondok Gede Kota Bekasi/Yusuf Bachtiar/TribunJakarta.com
Hoax! Tol Becakayu Ambles, Ini Fakta Sebenarnya Hoax! Tol Becakayu Ambles, Ini Fakta Sebenarnya Reviewed by Admin Kab. Semarang on Rating: 5

Tidak ada komentar