Breaking News

Kenapa Waktu Idul Adha Indonesia Berbeda dengan Arab Saudi? Ini Penjelasannya


Jadwal Idul Adha 1443 H antara Indonesia berbeda dengan Arab Saudi. Pemerintah Indonesia menetapkan 1 Zulhijah 1443 H jatuh pada Jumat, 1 Juli 2022 dan Hari Raya Idul Adha 1443 H pada Minggu 10 Juli 2022. Sedangkan Arab Saudi yang menetapkan 10 Zulhijah 1443 H jatuh pada Sabtu, 9 Juli 2022.

Lantas, apa penyebab perbedaan tersebut?
 Baca juga: Hewan Kurban Kena PMK, Bisa Dipotong di Hari Raya Idul Adha?

Direktur Urusan Agama Islam dan Pembinaan Syariah (Urais dan Binsyar) Kementerian Agama, Adib menjelaskan, perbedaan waktu itu disebabkan karena letak Arab Saudi lebih barat dari Indonesia.

“Waktu di Indonesia lebih cepat 4 jam, tetapi hilal justru mungkin terlihat lebih dahulu di Arab Saudi, karena terlihatnya di sebelah barat pada saat matahari terbenam atau dikenal dengan istilah ghurub asy-syams,” terang Adib, Jumat (1/7/2022).

Semakin ke arah barat dan bertambahnya waktu, maka posisi hilal akan semakin tinggi dan semakin mudah dilihat. Sementara, kata dia, letak geografis Arab Saudi berada di sebelah barat Indonesia, sehingga pada tanggal yang sama posisi hilal di sana lebih tinggi.

Sumber: okezone
Foto: Direktur Urusan Agama Islam dan Pembinaan Syariah Kemenag, Adib. (Foto: Kemenag RI)
Kenapa Waktu Idul Adha Indonesia Berbeda dengan Arab Saudi? Ini Penjelasannya Kenapa Waktu Idul Adha Indonesia Berbeda dengan Arab Saudi? Ini Penjelasannya Reviewed by Admin Kab. Semarang on Rating: 5

Tidak ada komentar