Breaking News

Link SSCASN untuk Absensi Seleksi PPPK 2022 Hoaks, Begini Penjelasan BKN


Calon peserta seleksi pegawai pemerintah dengan perjanjian kerja (PPPK) diminta untuk tidak mudah mempercayai info PPPK 2022, termasuk link SSCASN dari portal yang bukan website resmi pemerintah.

Link SSCASN resmi dari pemerintah yang digunakan untuk pengadaan Aparatur Sipil Negara (ASN), baik CPNS maupun PPPK yakni https://sscasn.bkn.go.id/

Belum lama ini, beredar info PPPK 2022 yang menyatakan bahwa guru lulus passing grade (PG) 2021, harus mengisi daftar hadir di link SSCASN.

Dari informasi yang beredar disebutkan guru lulus passing grade harus mengisi absensi di SSCASN pada 25 Juli 2022.

Disebutkan juga ketika guru lulus PG login ke akun SSCASN 2022, mereka diminta mengeklik tombol ‘konfirmasi’ keaktifan peserta PG.

Badan Kepegawaian Negara (BKN) melalui akun twitter resminya @BKNgoid menegaskan bahwa informasi tersebut tidak benar alias hoaks.

“#SobatBKN, apabila kalian menemukan pesan berantai melalui whatssap atau media lain terkait dengan absensi keaktifan seleksi PPPK 2022, Mimin nyatakan bahwa berita tersebut HOAKS,” jelasnya, Senin (25/7).

BKN hingga kini belum mengeluarkan kebijakan terkait pendaftaran PPPK 2022 maupun kewajiban absensi di SSCASN BKN.

“Sampai saat ini belum ada kebijakan terbaru terkait PPPK dan BKN tidak pernah mengeluarkan arahan terkait kewajiban absensi bagi PPPK pada tgl 25 Juli 2022,” tulisnya.

Disebutkan pula bahwa link SSCASN yang menyebarkan informasi absesnsi keaktifan seleksi PPPK 2022 bukan website resmi BKN.

“Selain itu website dengan alamat http://sscasn.com bukan website resmi BKN,” tandasnya.

Ketua Umum Forum Guru Honorer Negeri Lulus Passing Grade Seluruh Indonesia (FGHNLPSI) Heti Kustrianingsih menyebut makin banyak informasi yang membingungkan pada akun SSCASN.

Heti mengatakan, bagi para pengurus FGHNLPSI yang sering beraudiensi dengan pejabat pusat, mereka tidak akan mudah percaya dengan informasi seperti itu.

Namun, untuk guru honorer yang tidak mengikuti perkembangan seleksi, akan mudah termakan berita hoaks.

“Aneh saja sih, kok guru lulus PG harus isi daftar kehadiran di SSCASN dan tinggal klik saja,” kata Heti, dikutip Pojoksatu.id dari JPNN.com, Senin (25/7).

Pertanyaannya, lanjut Heti, apakah benar link kehadiran guru lulus PG benar dari Badan Kepegawaian Negara (BKN) yang ditunjuk sebagai ketua panitia seleksi nasional (Panselnas) CASN.

Deputi Bidang Sistem Informasi Kepegawaian BKN Suharmen yang dihubungi secara terpisah mempertanyakan dari mana sumber informasi tersebut.

Menurut Suharmen, sampai saat ini BKN belum mengeluarkan link daftar hadir guru lulus PG di SSCASN BKN.

Dia menjelaskan SSCASN adalah portal yang digunakan untuk mendaftar dan mengumumkan seluruh proses terkait seleksi CASN, termasuk di dalamnya helpdesk. Sistem ini tidak ada kaitannya dengan absensi.

Dia juga menegaskan sampai sekarang belum ada kebijakan untuk pendaftaran di SSCASN BKN.

“Belum ada perintah untuk pendaftaran. Mohon guru honorer berhati-hati terhadap modus para calo PPPK,” tegasnya.

Suharmen mengimbau agar guru lulus PG 2021 optimististis bahwa mereka prioritas diangkat PPPK 2022. Selalu sabar dan menunggu informasi valid melalui link SSCASN BKN yang merupakan portal resmi BKN. 

Sumber: pojoksatu
Foto: Link SSCASN untuk absensi seleksi PPPK 2022 hoaks
Link SSCASN untuk Absensi Seleksi PPPK 2022 Hoaks, Begini Penjelasan BKN Link SSCASN untuk Absensi Seleksi PPPK 2022 Hoaks, Begini Penjelasan BKN Reviewed by Admin Kab. Semarang on Rating: 5

Tidak ada komentar