Breaking News

Roy Suryo Jadi Tersangka Kasus Meme Stupa Mirip Jokowi


Mantan Menteri Pemuda dan Olahraga (Menpora) Roy Suryo ditetapkan sebagai tersangka kasus unggahan foto stupa Candi Borobudur yang diedit mirip Presiden Joko Widodo atau Jokowi. 

Informasi terkait penetapan tersebut dibenarkan oleh Kabid Humas Polda Metro Jaya Kombes Endra Zulpan.

"Iya benar (Roy Suryo) tersangka," kata Zulpan saat dihubungi, Jumat (22/7/2022). 

Zulpan juga menuturkan pada hari ini Roy juga tengah menjalani pemeriksaan sebagai tersangka dalam kasus tersebut.

Kendati demikian, dia tidak memberikan keterangan lebih lanjut apakah Roy akan langsung ditahan atau tidak usai pemeriksaan tersebut. 

"Masalah penahanannya nanti kami update," ujarnya.

Seperti diketahui, sebelumnya Roy dilaporkan oleh dua orang berbeda akibat unggahan meme patung di Candi Borobudhur yang telah diedit dengan wajah mirip Jokowi di akun Twitter milik Roy Suryo.

Laporan pertama dibuat oleh  Perwakilan Umat Buddha bernama Kurniawan Santoso pada tanggal 20 Juni 2022. 

Kemudian laporan kedua dibuat oleh Kevin Wu ke Bareskrim Polri, namun laporan tersebut kemudian di limpahkan ke Polda Metro Jaya. Laporan tersebut juga diajukan pada 20 Juni 2022. 

Pada dua laporan itu, Roy dituding melanggar Pasal 28 Ayat (2) Juncto Pasal 45A UU Nomor 19 Tahun 2016 tentang Informasi dan Transaksi Elektronik (ITE) dan atau Pasal 156A KUHP.

Sumber: kompas
Foto: Mantan Menteri Pemuda dan Olahraga (Menpora) Roy Suryo/Net
Roy Suryo Jadi Tersangka Kasus Meme Stupa Mirip Jokowi Roy Suryo Jadi Tersangka Kasus Meme Stupa Mirip Jokowi Reviewed by Admin Kab. Semarang on Rating: 5

Tidak ada komentar