Breaking News

Mohon Pemblokiran Rekening Dibuka, Surya Darmadi: Buat Bayar Gaji 20 Ribu Karyawan Pak!


Terdakwa kasus korupsi Surya Darmadi meminta majelis hakim untuk membuka rekening perusahaannya karena tidak bisa membayar gaji karyawannya.

Surya Darmadi mengaku tidak bisa tidur karena memikirkan untuk pembayaran gaji 20 ribu karyawannya dan memohon blokir rekeningnya agar dibuka.

"Yang mulai boleh saya mohon, semua rekeningnya diblokir, disita dan saya tidak bisa membayar gaji 20 ribu karyawan," Kata Surya Darmadi saat persidangan

Surya Darmadi memohon kepada majelis agar dibuka rekeningnya dari pemblokiran, karena akan berdampak kepada kelangsungan hidup para karyawan.

"Karyawan itu kalau tidak dibayar bagaimana hidupnya, beras tidak ada, tolong Yang Mulia, ini sangat serius," kata Surya Darmadi.

Sedangkan kuasa hukum bos PT Duta Palma Group Surya Darmadi, Juniver Gersang mengatakan akan berdampak kepada para karyawan.

"Mengenai blokir itu tadi dia sampaikan dalam persidangan kalau usahanya ini tidak dibuka blokir rekeningnya akan menimbulkan gejolak konteks sosial," ucap Juniver.

Lebih lanjut Juniver mengatakan bisa saja akan berdampak kepada PHK karyawan yang besar-besaran.

"Jelas, rekening yang diblokirnya tidak buka pemerintah harus siap-siap akan gejolak itu dan saya tidak menakut-nakutinya tapi ini fakta," papar Juniver.

Dalam kasus ini Surya Darmadi atau Apeng didakwa melakukan korupsi yang menyebabkan kerugian perekonomian sekitar Rp 73,9 triliun.

Korupsi terkait penyerobotan lahan untuk perkebunan sawit oleh perusahaan Surya Darmadi itu dilakukan bersama eks Bupati Indragiri Hulu Raja Thamsir Rachman.

Harapan Surya Darmadi semoga tidak ada investor yang khawatir berinvestasi di Indonesia.

Terkait dengan dakwaan Surya Darmadi, Juniver menganggap jaksa penuntut umum pada kejaksaan agung terburu-buru dalam surat dakwaan terhadap kliennya.

Juniver mengatakan bahwa hakim dakwaan hakim terhadap kliennya tidak ada dasarnya dan tolak Surya Darmadi masuk ke ranah Tipikor.

"Eksepsi kita hari ini menjelaskan kepada kejaksaan atau majelis hakim bahwa dakwaan kepada klien kami tidak ada dasarnya," ucap Juniver.

Juniver juga mengatakan kawasan hutan di 5 perusahaan diantaranya ada dua yang memiliki HGU.

"Kawasan hutan di 5 perusahaan dua sudah memiliki HGU, yang kedua bahwa ketiga perusahaan ini sedang proses izinnya," tambahnya.

Dia juga menekankan pada UU Cipta Kerja No.11 Tahun 2022 dalam pasal 110A dab 100B jo menyatakan bahwa apabila proses pengurusan izin tidak terlaksana/terealisir dan/atau belum terpenuhi, bukan dikenakan sanksi pidana tapi dikenakan sanksi administratif.

"Proses ini tidak ada perbuatan pidana administratif bahwa dasarnya disidang kami jelaskan bahwa ini belum layak di proses, masih ada proses penyelesaiannya," paparnya.

Lebih lanjut Juniver mengatakan kurang lebih ada 802 perusahaan lain yang telah diproses sama dan kenapa hanya perusahaan kami yang diproses. 

Sumber: disway
Foto: Surya Darmadi mengaku tidak bisa tidur karena memikirkan untuk pembayaran gaji 20 ribu karyawannya dan memohon blokir rekeningnya agar dibuka. -Rizky Ari Gunawan -
Mohon Pemblokiran Rekening Dibuka, Surya Darmadi: Buat Bayar Gaji 20 Ribu Karyawan Pak! Mohon Pemblokiran Rekening Dibuka, Surya Darmadi: Buat Bayar Gaji 20 Ribu Karyawan Pak! Reviewed by Admin Pusat on Rating: 5

Tidak ada komentar