Breaking News

Ribuan Personel TNI-Polri akan Jaga Demo Pendukung Lukas Enembe


Sebanyak 2.000 personel gabungan TNI-Polri disiagakan untuk mengamankan aksi demo yang dilaksanakan Koalisi Rakyat Papua di Jayapura, Selasa ini (19/9).

Kapolresta Jayapura Kota Kombes Victor Mackbon di Jayapura, Senin (19/9), mengatakan ribuan personel TNI-Polri itu akan mengamankan sejumlah kawasan yang menjadi titik kumpul para pendemo yang nantinya akan bertemu di Taman Imbi yang berada di pusat kota.

Aksi massa tersebut dilakukan sebagai respons atas penetapan Gubernur Papua Lukas Enembe sebagai tersangka oleh Komisi Pemberantasan Korupsi (KPK). Lukas diduga oleh KPK menerima suap dan gratifikasi yang jumlahnya disebut-sebut mencapai ratusan miliar.

Memang awalnya aksi tersebut ditolak, namun setelah dilakukan rapat koordinasi dengan koordinator lapangan maka diizinkan dengan catatan tidak ada long march. “Pendemo tetap tidak diizinkan melakukan long march,” kata Kombes Mackbon.

Dikatakannya, polisi tidak pernah menghalangi keinginan masyarakat untuk menyampaikan pendapat dimuka umum karena itu dilindungi. ’’Namun, hendaknya pendemo juga tidak mengganggu aktivitas masyarakat termasuk tetap menjaga keamanan,’’ harap Kombes Victor Mackbon.

Mantan Wadir Krimsus Polda Papua itu berharap masyarakat tetap melakukan aktivitas seperti biasa karena aparat keamanan akan mengawal aksi tersebut. “Bila terjadi hal-hal yang tidak diinginkan maka sebagai penanggungjawab koordinator lapangan akan dimintai pertanggungjawabannya,” kata Kombes Victor Mackbon.

Sumber: jawapos
Foto: Menteri Koordinator Politik, Hukum dan Keamanan (Menkopolhukam) Mahfud MD (tengah) didampingi Wakil Ketua Komisi Pemberantasan Korupsi (KPK) Alexander Marwata dan Kepala Pusat Pelaporan dan Analisis Transaksi Keuangan (PPATK) Ivan Yustiavandana menyampaikan keterangan pers terkait kasus korupsi di Papua, di Kantor Kemenkopolhukam, Jakarta, Senin (19/9/2022). Menkopolhukam menghimbau kepada Gubernur Papua Lukas Enembe untuk kooperatif dalam mengikuti proses pemeriksaan terkait kasus dugaan korupsi yang melibatkan dirinya serta menegaskan hal tersebut tidak terkait dengan unsur-unsur politis. (Dery Ridwansah/JawaPos.com)
Ribuan Personel TNI-Polri akan Jaga Demo Pendukung Lukas Enembe Ribuan Personel TNI-Polri akan Jaga Demo Pendukung Lukas Enembe Reviewed by Admin Pusat on Rating: 5

Tidak ada komentar