Breaking News

Ini 4 Jenderal Paling Ditakuti di Indonesia, Sangat Disegani!


Ada 4 Jenderal paling ditakuti di Indonesia sekaligus disegani. Jasanya besar terhadap kebangkitan bangsa dikenang hingga kini.

Sebagai abdi negara, jenderal memiliki tugas untuk melindungi masyarakat. Nyawa menjadi taruhannya jika mereka gagal dimedan perang.

Demi menjalankan misinya, mereka membentuk Komando Pasukan Khusus (Kopassus). Kelompok berisikan TNI elite ini nyatanya sangat ditakuti oleh lawan.

Bagaimana tidak, nama-nama petinggi besar Indonesia turut menghiasi jajaran anggota Kopassus.

Siapa sajakah jenderal Indonesia yang sangat ditakutiBerikut adalah 4 jenderal paling ditakuti di Indonesia:

1. Sarwo Edhie Wibowo

Dikutip dari buku Sarwo Edhie dan Misteri 1965, saat perang kemerdekaan, Sarwo Edhie diajak Ahmad Yani, sesama eks anggota Pembela Tanah Air, bergabung dalam Batalion III Badan Keamanan Rakyat. Batalion itu dikomandani Yani, pemuda asli Kampung Ngrendeng. Gebang, Purworejo. Sarwo bertugas membawa mortir.

Saat Yani membentuk Batalion baru, Sarwo diangkat menjadi komandan kompi Batalion V Brigade IX Divisi Diponegoro sampai 1951.

Hadirnya Sarwo Edhie Wibowo memperlihatkan kekuatan militer Indonesia yang sebenarnya. Ia menjadi salah satu jenderal Kopassus yang sangat ditakuti. Bagaimana tidak? Ia ambil andil dalam pemberantasan kaum komunis pada insiden G30S/PKI.

2. Benny Moerdani

Leonardus Benjamin Moerdani atau yang akrab disapa dengan Benny, lahir di Cepu, Blora, Jawa Tengah, pada 2 Oktober 1932. Benny merupakan Panglima Angkatan Bersenjata Republik Indonesia (ABRI), yang di saat bersamaan juga menjabat sebagai ketua Fraksi ABRI.

Selain itu, Benny juga pernah menjabat sebagai Menteri Pertahanan dan Keamanan, serta Pangko kamtib.

Benny Moerdani juga mengemban amanat berat ketika menjadi A Resimen Para Komando Angkatan Darat (RPKAD). Keberaniannya membuatnya sangat ditakuti.

3. Jenderal Soedirman

Jenderal Soedirman memiliki jasa yang besar untuk Indonesia. Karena keberaniannya, tak heran namanya diabadikan menjadi salah satu Universitas di Indonesia.

Jenderal Soedirman menjadi sosok yang sangat ditakuti. Tahun 1997, ia mendapat pangkat sebagai Jenderal Besar TNI. Pangkat terhormat itu hanya diberikan kepada penjuang yang sangat berjasa.

4. Idjon Djanbi

Kehadiran Idjon Djanbi dalam jajaran kopassus membuat militer Indonesia sangat disegani. Sebelum Menjadi TNI, Idjon Djanbi bekerja sebagai sopir Ratu Belanda pada perang dunia II. Meski berasal dari belanda, Idjon Djanbi sangat cinta Indonesia.

Sepanjang karirnya ia pernah diminta untuk melatih kader-kader Kesko TT III/Siliwangi. Setelah kelompok tersebut berdiri, Idjon Djanbi diangkat menjadi komandan.

Itulah 4 Jenderal paling ditakuti di Indonesia. Semoga dapat menambah wawasan.

Sumber: okezone
Foto: Ilustrasi (Foto: Wikipedia)
Ini 4 Jenderal Paling Ditakuti di Indonesia, Sangat Disegani! Ini 4 Jenderal Paling Ditakuti di Indonesia, Sangat Disegani! Reviewed by Admin Kab. Semarang on Rating: 5

Tidak ada komentar