Breaking News

Fakta Viral Masjid Diobrak-abrik dan Al-Qur'an Dilumuri Darah


Video perusakan masjid wilayah Kabupaten Magelang, Jawa Tengah (Jateng), beredar di media sosial (medsos).

Melansir SuaraJateng.id pada Senin (12/12/2022), peristiwa dalam video terjadi di Masjid Al-Mahfudz, Dusun Krandan, Desa Kebonrejo, Kecamatan Salaman.

Insiden terjadi Sabtu 10 Desember 2022 antara pukul 07.00 hingga  09.00 WIB, saat dituasi kampung sedang sepi. Pelaku diduga orang dalam gangguan jiwa (ODGJ).

"Indikasinya ODGJ. Ibaratnya nggak punya pikiran sampai kayak gitu. Pembalut berceceran. Ada darah haid begitu," kata takmir Masjid Al Mahfudz, Muhammad Ashar (36).

Dirinya mengaku kejadian serupa di masjid itu sudah ketiga kalinya Pertama terjadi pada September. Kedua pada Oktober, pelaku melumuri tempat imam salat dengan cairan diduga air seni dan kotoran.  Selain itu, pelaku juga merusak sejumlah kitab yang biasa digunakan untuk khotbah Jumat.  

"Seperti dikasih pembalut sama kayak air kencing. Kami belum tahu siapa pelakunya, tapi sepertinya perempuan," ungkapnya. 

Pengurus masjid tidak membesar-besarkan kasus ini, karena diduga pelaku adalah ODGJ. Dirinya mengaku tidak tahu jika video itu viral di media sosial.

Kapolsek Salaman, Iptu Sukarjo mengatakan masih menyelidiki kasus perusakan masjid itu. Pihaknya mengamankan beberapa barang bukti, salah satunya tirai pembatas shalat yang terbakar.

"Sampai saat ini polisi masih dalam penyelidikan," jelasnya. 

Sementara itu, dalam unggahan di akun Instagram @borobudurnews terlihat kondisi terbaru masjid pascaperusakan. Masjid segera dibersihkan setelah kejadian itu.

"Lokasi Salaman Magelang, kondisi terbaru pagi ini," tulis dalam unggahan.

Terlihat kondisi masjid telah bersih kembali. Kekinian belum ada kabar terbaru apakah pelaku sudah tertangkap atau belum.

Masjid diobrak-abrik

Sebelumnya, beredar sebuah video yang memperlihatkan masjid dalam kondisi berantakan. Video itu diunggah oleh akun Instagram @borobudur_media.

Dilihat pada Senin (12/12/2022), terlihat beberapa karpet dalam keadaan tergulung dan berantakan.  Pembatas saf salat dan salah satu pilar masjid tampak sudah dalam kondisi hangus terbakar.

Bahkan, di atas mimbar terlihat sejumlah lembaran berbahasa arab diduga Al-Qur'an dilumuri darah merah. 

"Masjid diobrak-abrik. Beredar video rekaman sebuah Masjid di Salaman Magelang yang telah diubrak-abrik orang tak dikenal," tulisnya. 

Dalam narasinya juga disebutkan sejumlah benda yang berada di dalam masjid rusak.

"Pembatas shaf dibakar, Al-Qur'an dilumuri darah yang diduga darah mens," tulisnya. 

Sumber: suara
Foto: Viral masjid diobrak-abrik dan diduga lembaran Alquran dilumuri darah. (Instagram @borobudur_media.) (Instagram @borobudur_media)
Fakta Viral Masjid Diobrak-abrik dan Al-Qur'an Dilumuri Darah Fakta Viral Masjid Diobrak-abrik dan Al-Qur'an Dilumuri Darah Reviewed by Admin Pusat on Rating: 5

Tidak ada komentar