Breaking News

Geger Surat Edaran Potensi Megathrust dan Tsunami dari Camat Labuan, BMKG Buka Suara


Baru-baru ini masyarakat Banten digegerkan dengan beredarnya surat edaran yang menginformasikan potensi terjadinya Megathrust atau Tsunami di wilayah Banten.

Surat edaran tersebut belakangan beredar di media sosial yang salah satunya diunggah akun Instagram @fesbukbanten.

Dalam unggahan tersebut tampak surat edaran yang beredar di media sosial tertulis kop Pemerintah Kabupaten Pandeglang, Kecamatan Labuan.

Dalam isi surat tertanggal 20 Desember 2022 itu, tertuang berdasarkan informasi dari Komando Distrik Militer (Kodim). Terkait akan adanya potensi megatrust atau Tsunami di kawasan Pandeglang Banten, menghimbau kepada semua pihak untuk waspada.

Terkait surat edaran tersebut, Koordinator Bidang Data dan Informasi Stasiun Maritim Serang, Tarjono angkat suara. Ia menyebut BMKG sejauh ini belum pernah mengeluarkan rilis soal potensi terjadinya Megathrust dan Tsunami di Pandeglang Banten.

"Kami tidak tahu dasar dari pembuatan surat edaran tersebut. Kerena BMKG juga tidak mengeluarkan rilis, yang kami keluarkan adalah prediksi cuaca ektrem menjelang tahun baru," jelasnya.

Lebih lanjut, Tarjono memastikan BMKG juga tidak pernah mengeluarkan surat potensi Megathrust atau Tsunami akan terjadi di Banten. Selain camat Labuan, Tarjono juga mengungkap lain yang ikut menyebarkan surat serupa.

"Kami tidak pernah mengeluarkan potensi terjadinya Megatruts atau Tsunami. Selain Labuan, Camat Cibitung juga mengedarkan surat yang kurang lebih sama," ujarnya.

Adapun isi surat edaran waspada Megatruts atau Tsunami  yang belakangan beredar itu  sebagai berikut: 

NOMOR : 370/345-kec.Lbn/XII/2022

Sehubungan dengan adanya Informasi dari Komando Distik Militer (Kodim) terkait akan terjadinya Potensi Megathrust/ Tsunami, dimana terjadinya pertemuan antar lempeng tektonik Bumi dilokasi Zona Subduksi. diprediksi patahan lempeng diujung pulau jawa, Daerah Khusus Ibu kota (DKI), Jawa Barat ( JABAR), Bengkulu dan seterusnya.

Berkaitan dengan hal tersebut kami himbau kepala para Dinas/ Intansi, UPT, Kormin, Korluh dan para Kepala Desa untuk dapat mengajak kepada Masyarakat agar tetap waspada terkait Cuaca Ekstrim sampai dengan bulan Januari 2023, Edukasi Masyarakat terkait Mitigasi bencana apa yang harus mereka lakukan jika terjadi Gempa, Longsor/ terjadi Tsunami.

Lakukan latihan Simulasi Bencana terutama di Sekolah. setiap hari senin saat melaksanakan Apel Pagi dan Apel Koordinasi. dikarenakan kecamatan Labuan termasuk kedalam Daerah Rawan Bencana, Kesiap siagaan diri sangat penting dan kami himbau hal-hal sebagai berikut jika terjadi bencana :

1. Barang-barang yang dianggap berharga bisa dimasukan kedalam satu tas dan

jika terjadi Gempa tinggal mengambil tas tersebut.

2. Jauhi Laut jika Cuaca tidak bersahabat 3. Tidak Tinggal atau berhuni di bibir pantai

4. Lari kedataran yang lebih tinggi jika terjadi air pasang/ Rob/ Tsunami, diam selama 5-10 menit sampai situasi dianggap aman.

5. jika terjadi gempa lindungi kepala jauhi tembok/kaca/cermin, masuk kedalam atau kolong meja jika sudah aman 1-2 menit lari ke luar lapangan/ sawah/ atau tempat terbuka.

6. kami menghimbau kepada Para Kepala Sekolah SD, SMP, SMA,SMK,Mi,MTS

dan MA agar setiap hari senin untuk dapat mengedukasi siswa/siswinya.

7. tugas dan tanggung jawab ini merupakan tugas kita bersama, Sosialisasikan di dalam kegiatan Pengajian, Relawan, Pendamping sosial TKSK, PKH, Rt,Rw, Linmas, kader dan Swasta untuk sama-sama punya tanggung Jawab.

Surat edaran itu pun ditandatangani langsung oleh Camat Labuan Ace Jarnuji dengan salah satu tembusannya Bupati Pandeglang Irna Narulita.

Sumber: suara
Foto: Surat edaran potensi Megatruts atau Tsunami di Pandeglang, Banten beredar. [IST]
Geger Surat Edaran Potensi Megathrust dan Tsunami dari Camat Labuan, BMKG Buka Suara Geger Surat Edaran Potensi Megathrust dan Tsunami dari Camat Labuan, BMKG Buka Suara Reviewed by Admin Kab. Semarang on Rating: 5

Tidak ada komentar