Breaking News

Hari Ini, Laksdya TNI Muhammad Ali Akan Dilantik Jadi KSAL


Presiden Joko Widodo (Jokowi) akan melantik Laksamana Madya (Laksdya) TNI Muhammad Ali sebagai Kepala Staf Angkatan Laut (KSAL) di Istana Presiden hari ini, Rabu (28/12/2022). 

Hal tersebut diungkap Panglima TNI Laksamana Yudo Margono yang sebelumnya menjabat sebagai KSAL.

"Iya sudah ada (calonnya), Laksamana Madya Muhammad Ali /Pangkogabwilhan-I," kata Yudo saat dihubungi MNC Portal, Selasa 27 Desember 2022 malam.

"Jam 09.30 pelantikan di Istana (Presiden)," sambungnya.

Setelah pelantikan tersebut, Laksamana Yudo selanjutnya dijadwalkan melaksanakan admiral inspection sebelum kepemimpinan diserahterimakan kepada Laksdya Muhammad Ali.

"Menjelang upacara Sertijab Kepala Staf Angkatan Laut (KSAL) akan dilaksanakan Admiral Inspection sebagai salah satu tradisi di lingkungan TNI AL guna memeriksa kesiapan unsur-unsur TNI AL untuk yang terakhir kalinya sebelum tongkat komando kepemimpinan diserahterimakan," bunyi undangan acara yang diterima MNC Portal.

Dikutip dari website remis tni.mil.id, Admiral Inspection merupakan salah satu tradisi di lingkungan TNI Angkatan Laut yang dilaksanakan guna memeriksa kesiapan unsur-unsur TNI Angkatan Laut untuk yang terakhir kalinya sebelum tongkat komando kepemimpinan diserahterimakan.

Selain sebagai ajang salam perpisahan dengan para prajuritnya, kegiatan ini juga merupakan kesempatan untuk memperkenalkan calon pimpinan yang baru.

Sebagai informasi, Laksdya TNI Muhammad Ali merupakan salah seorang perwira tinggi (pati) TNI Angkatan Laut bintang 3.

Sebelum dilantik sebagai KSAL menggantikan Laksamana Yudo Margono, pria kelahiran 9 April 1967 ini menduduki jabatan Panglima Komando Gabungan Wilayah Pertahanan (Pangkogabwilhan) I.

Laksdya Muhammad Ali diketahui merupakan alumni Akademi Angkatan Laut (AAL) angkatan ke-35 tahun 1989. Tercatat, sejumlah pendidikan militer lain juga pernah diikutinya.

Pada riwayat kariernya, Muhammad Ali pernah menempati berbagai posisi penting. Di antaranya adalah Waasrena Kasal (2017-2018), Gubernur AAL (2018-2019), Koorsahli Kasal (2019), Pangkoarmada I (2019-2020), Asrena Kasal (2020-2021), serta Pangkogabwilhan I yang kini dijabatnya.

Jabatan Pangkogabwilhan I ini disematnya berdasarkan Surat Keputusan Panglima TNI Nomor Kep/684/VIII/2021 tanggal 2 Agustus 2021 tentang pemberhentian dari dan pengangkatan dalam jabatan di lingkungan TNI.

Sumber: okezone
Foto: Laksdya Muhammad Ali (Foto: Wikipedia)
Hari Ini, Laksdya TNI Muhammad Ali Akan Dilantik Jadi KSAL Hari Ini, Laksdya TNI Muhammad Ali Akan Dilantik Jadi KSAL Reviewed by Admin Pusat on Rating: 5

Tidak ada komentar