Breaking News

Kabag Ops Polres Jakpus Kena Lemparan Batu saat Amankan Demo Mahasiswa Papua


Anggota Polres Jakarta Pusat terluka saat mengamankan demo Aliansi Mahasiswa Papua di depan Kedutaan Besar Amerika Serikat, Jalan Medan Merdeka Selatan, Kamis (1/12).

Saat dikonfirmasi, Kapolres Metro Jakarta Pusat, Kombes Komarudin mengatakan, yang terluka adalah Kabag Ops Polres Metro Jakarta Pusat, AKBP Saufi Salamun.

Ia menyebut, Saufi terluka akibat lemparan batu saat hendak menurunkan sebuah bendera yang dibawa peserta demo.

"Betul (Kabag Ops terluka), diduga karena lempar batu saat kita ingin menurunkan satu buah bendera yang dibawa oleh mereka," kata Komarudin.

Massa dari Aliansi Mahasiswa Papua, Aliansi Mahasiswa Pegunungan Tengah Papua Se-Indonesia, dan Front Rakyat Indonesia untuk West Papua melakukan aksi di Patung Kuda, Jakarta, Kamis (1/12/2022). Foto: Jamal Ramadhan/kumparan

Begitu Saufi terkena lemparan batu, dirinya langsung dibawa ke posko pengamanan untuk mendapatkan perawatan. Saufi disebut mengalami 2 luka di bagian kepalanya.

Adapun bendera yang coba diturunkan oleh Saufi, kata Komarudin, bukan bendera OPM. Melainkan jenis lambang bendera yang lain.

"Bukan (bendera OPM) tapi bendera kemerdekaan yang warna merah, masih kita dalami," jelasnya.
Saat ini sedang dilakukan penyelidikan untuk mencari siapa pelaku yang melempari batu.

"Kami masih mengindentifikasi pelaku dari video yang sedang kita kumpulkan. Tentunya dia melakukan pelanggaran terhadap masalah demo yang tertib. Kalau nanti dia terbukti akan kita kenakan pasal penganiayaan," tegas Komarudin.

Adapun untuk demo itu dilakukan oleg sekelompok massa yang menamai diri mereka Aliansi Mahasiswa Papua (AMP). Demonstrasi tersebut menyampaikan aspirasi soal penolakan RUU Daerah Otonom Baru (DOB) provinsi di Papua hingga soal kemerdekaan Papua.

Sumber: kumparan
Foto: Massa dari Aliansi Mahasiswa Papua, Aliansi Mahasiswa Pegunungan Tengah Papua Se-Indonesia, dan Front Rakyat Indonesia untuk West Papua bentrok dengan sejumlah aparat saat melakukan aksi di Patung Kuda, Jakarta, Kamis (1/12/2022). Foto: Jamal Ramadhan/kumparan
Kabag Ops Polres Jakpus Kena Lemparan Batu saat Amankan Demo Mahasiswa Papua Kabag Ops Polres Jakpus Kena Lemparan Batu saat Amankan Demo Mahasiswa Papua Reviewed by Admin Pusat on Rating: 5

Tidak ada komentar