Breaking News

Kapolda Papua Barat: KKB Harus Ditangkap Hidup atau Mati


Kapolda Papua Barat Irjen Pol. Daniel T.M. Silitonga memerintahkan penangkapan terhadap kelompok kriminal bersenjata (KKB) yang masih menebar teror terhadap warga sipil di Maybrat. Daniel menyebut KKB harus ditangkap dalam keadaan hidup maupun mati.

Dilansir Antara, Kamis (29/12/2022), Kapolda Papua Barat mengemukakan hal itu di Manokwari, Rabu (28/12) malam, ketika mengarahkan personel Polri di jajaran agar tidak lengah menghadapi teror KKB terhadap warga sipil. Daniel meningkatkan status siaga di Maybrat.

"Kami siaga satu hadapi KKB di Maybrat. Intinya para penjahat itu harus ditangkap hidup atau mati," kata Daniel.

Daniel mengatakan bahwa personel Polri dan TNI telah menguasai daerah Maybrat yang sebelumnya KKB mengklaim telah menduduki daerah itu. Dia menyebut Maybrat dalam keadaan kondusif.

"Sampai saat ini Maybrat dalam situasi kondusif. Polri dan TNI melakukan evaluasi berkala bersama Pemkab Maybrat sehingga kami memastikan video yang beredar tentang KKB menguasai Distrik Kmurkek itu tidak benar," kata Daniel.

Dia mengatakan bahwa patroli rutin dan terukur oleh Polri dan TNI untuk memastikan kondusivitas Maybrat secara menyeluruh.

"Kalau video pengakuan menguasai Kmurkek pada malam Natal, itu tidak benar. Bisa saja karena gelap mereka mengaku dengan membuat video. Akan tetapi, pukul 06.00 semua personel memastikan kondisi di sana aman," katanya pula.

Diketahui bahwa KKB masih ada di di wilayah Maybrat hingga Bintuni Papua Barat. Mereka menebar teror terhadap warga sipil dan aparat keamanan.

Polisi telah menyebar identitas sejumlah anggota KKB yang masuk daftar pencarian orang (DPO) dalam rangkaian serangan terhadap pos militer maupun warga sipil pekerja jalan.

Sumber: detik
Foto: Kapolda Papua Barat Irjen Pol Daniel Tahi Monang Silitonga. ANTARA/Tri Adi Santoso
Kapolda Papua Barat: KKB Harus Ditangkap Hidup atau Mati Kapolda Papua Barat: KKB Harus Ditangkap Hidup atau Mati Reviewed by Admin Pusat on Rating: 5

Tidak ada komentar