Breaking News

Pasang Kamera Pengintai di Setiap Ruangan MA, Terobosan Ketua Syarifuddin Ini Patut Didukung


Pengamat hukum dari Universitas Muhammadiyah Jakarta, Septa Candra, mendukung langkah-langkah perbaikan yang disampaikan Ketua MA, M Syarifuddin, salah satunya memasang kamera pengintai CCTV di setiap ruangan MA.

Kebijakan Ketua Mahkamah Agung M Syarifuddin ini dalam rangka menegakkan marwah lembaga peradilan tersebut.

Sebagai pengamat, ia juga mengapresiasi pemasangan kamera pengintai CCTV di setiap ruangan MA meskipun pengamanan dan pengawasan di MA sendiri sudah sangat maksinal.

“Itu terobosan yang patut didukung, karena salah satu masalah MA selama ini adalah soal pengawasan dan transparansi pelaksanaan sidang,” kata Septa, Kamis (22/12/2022).

Doktor termuda di bidang hukum ini juga menilai, keberadaan CCTV akan memudahkan kerja Badan Pengawas (Bawas) atau Satuan Petugas Khusus (Satgasus), terutama dalam mengontrol perilaku aparatur di lingkungan MA.

Selain itu, kata dia, data CCTV juga bisa dijadikan alat bukti oleh lembaga lain seperti KPK atau Kejaksaan dalam mengungkap peristiwa pidana di lingkungan MA.

“Karena pintu masuk segala bentuk suap penanganan perkara di MA seringkali bermula dari aparatur, mereka jadi perantara markus (makelar kasus) untuk pengaruhi putusan hakim,” ujarnya.

Septa juga menegaskan, transparansi dan kualitas putusan menjadi nyawa yang akan mengembalikan kepercayaan publik terhadap MA.

Bahkan selama dua apek tersebut belum mendapat perhatian serius dari pimpinan dan petinggi MA, selama itu pula lembaga pengadilan terakhir ini cenderung diragukan integritasnya.

“Membangun MA harus membangun sistem, mulai dari orang dan lembaganya,” ungkap Septa. 

Sumber: pojoksatu
Foto: Pengamat hukum Septa Candra (ist)
Pasang Kamera Pengintai di Setiap Ruangan MA, Terobosan Ketua Syarifuddin Ini Patut Didukung Pasang Kamera Pengintai di Setiap Ruangan MA, Terobosan Ketua Syarifuddin Ini Patut Didukung Reviewed by Admin Kab. Semarang on Rating: 5

Tidak ada komentar