Breaking News

Wapres Ingatkan Masyarakat Siapkan Diri Hadapi Potensi Bencana saat Nataru


Wakil Presiden (Wapres) Maruf Amin mengingatkan semua pihak baik masyarakat, pemerintah daerah, juga pusat untuk menyiapkan diri mengantisipasi potensi bencana di saat libur Natal dan Tahun Baru (Nataru) 2023.

“Saya kira pemerintah terus mengingatkan baik pada lembaga yang di pusat BNPB, maupun di pemerintah daerah terutama daerah-daerah yang biasa dilanda bencana, banjir, longsor, termasuk gempa juga supaya terus mempersiapkan diri untuk antisipasi,” tegas Wapres di sela kunjungan kerja di Nusa Dua, Badung, Bali, Jumat (23/12/2022).

Sebelumnya, Badan Meteorologi Klimatologi dan Geofisika (BMKG) juga telah mengeluarkan peringatan dini potensi cuaca ekstrem saat periode libur Nataru.

Wapres pun menegaskan bahwa mitigasi bencana sudah ada peta jalannya. “Mitigasi seharusnya sudah punya petanya oleh karena itu yang kita siapkan antisipasi,” kata dia.

Bahkan, kata Wapres, jika memang ada daerah yang rawan bencana sudah harus direlokasi. Sehingga ketika terjadi bencana tidak menimbulkan korban jiwa yang lebih banyak.

“Juga memang kalau daerah yang sangat berbahaya itu sudah harus direlokasi kalau tidak korbannya akan terulang lagi di daerah yang lebih aman lah supaya tidak terjadi korban lagi. Pekerjaan bukan didadak tapi dilakukan sistematis, terencana,” katanya.

Lebih lanjut, Wapres pun mengharapkan masyarakat yang akan melaksanakan liburan untuk menyiapkan diri dengan baik terutama pengelola-pengelola kawasan wisata. “Ya saya kira kita harapkan bahwa karena pandemi sudah landai di libur Nataru ini tentu mereka sudah lama kan tidak liburan.”

“Oleh karena itu tempat-tempat wisata lebih awal menyiapkan diri ya, supaya mereka memberikan informasi tempatnya yang nyaman yang enak,” tandasnya.

Sumber: okezone
Foto: Wapres Ma'ruf Amin (Foto: MPI)
Wapres Ingatkan Masyarakat Siapkan Diri Hadapi Potensi Bencana saat Nataru Wapres Ingatkan Masyarakat Siapkan Diri Hadapi Potensi Bencana saat Nataru Reviewed by Admin Kab. Semarang on Rating: 5

Tidak ada komentar