Breaking News

5 Senjata Kopassus di Medan Operasi, Nomor 3 Pernah Tembak Mati Pembajak Pesawat Garuda


Komandan pasukan Khusus (Kopassus) dalam menjalankan tugasnyadibekali oleh senjata api. Pasukan korps baret merah ini diketahui memiliki kelihaian dalam menggunakan senjata api.

Penggunaan senjata-senjata tersebut sangat mendukung prajurit Korps Baret Merah dalam menjalankan misi khususnya baik di dalam maupun luar negeri.

Senjata-senjata canggih tersebut ada yang diproduksi oleh industri pertahanan dalam negeri maupun buatan luar negeri.

Berikut ini senjata-senjata andalan Kopassus yang dirangkum Okezone dari beragam sumber, Kamis (5/1/2023).

1. Senjata AK-47

Senapan AK-47 atau Avtomat Kalashnikova ini memiliki beragam keunggulan. Senapan serbu yang dirancang Mikhail Kalashnikov ini sangat mudah perawatannya. Senjata ini dikatakan bandel karena masih bisa digunakan meski terendam lumpur.

Senjata ini memiliki jarak tembak efektif 300 meter dan mampu menembakkan 600 butir peluru setiap menitnya. Peluru yang digunakan berkaliber 7,62x39 mm.

2. Bren

Bren merupakan Senjata Mesin Ringan (SMR) buatan Inggris yang juga menjadi andalan Kopassus di awal masa pembentukannya untuk mendukung operasi menumpas pemberontakan di seluruh Tanah Air.

Bren merupakan versi modifikasi dari Senapan Mesin Ringan ZB vz. 26 buatan Cekoslowakia. Senapan ini terkenal karena daya gempurnya pada saat Perang Dunia II. Bren dapat menggunakan 3 jenis magasin, yaitu magasin isi 20 peluru, magasin isi 30 peluru berbentuk kotak, dan magasin isi 100 peluru yang berbentuk seperti panci (drum).

Senjata ini memiliki berat sekitar 10,35 Kg dengan jarak tembak efektif sejauh 550 meter. Keunggulan dari senjata ini salah satunya bisa dipasang di atas kendaraan tempur.

3. MP-2 atau Uzi

Senjata jenis MP-2 atau IMI Uzi merupakan Senjata Mesin Ringan (SMR) yang menyerupai pistol. Senjata ini mampu menembakkan 60 butir peluru per menit, bahkan bila dilakukan beruntun bisa mencapai 100 hingga 120 peluru menit.

Karena keakuratannya dalam pertempuran jarak pendek, senjata ini pernah digunakan Kopassus dalam Operasi Woyla, misi pembebasan sandera penumpang pesawat Garuda DC-9 di Bandara Don Mueang, Thailand, pada 1981. Dalam operasi tersebut Kopassus berhasil membebaskan sandera dan menembak mati 4 penyandera.

4. MP-5

Senjata Laras Pendek HK MP5 juga menjadi salah satu senjata andalan Hantu Rimba Kopassus. Senjata buatan Heckler & Koch (HK) Jerman ini memiliki spesifikasi berat 2,6 Kg, panjang 680 mm dan kaliber 9x19 mm.

Senjata berstandar internasional ini banyak dipakai pasukan khusus angkatan bersenjata dari berbagai negara karena memiliki akurasi dan keandalan tinggi di samping perawatannya yang mudah. Senapan mesin yang berbentuk seperti pistol ini didesain untuk kepentingan pasukan khusus dengan kemampuan menembak 800 peluru per menit.

5. SS2 V-5

Selain mengandalkan senjata buatan luar negeri, Kopassus juga menggunakan senjata buatan dalam negeri yang diproduksi PT Pindad yakni, senapan serbu SS2 V-5. Senjata jenis ini sudah digunakan TNI sejak 2005 lalu, mulai dari varian SS-2 V1 hingga SS2 V4. Khusus untuk Kopasus, varian yang diberikan adalah SS-2 V5 Commando yang baru diproduksi pada 2012.

Memiliki laras pendek dan bobot yang ringan akan memudahkan prajurit Kopassus untuk bergerak. Senjata ini juga dilengkapi dengan ball stopper. Apabila peluru habis ditembakkan maka pengguna senjata ini tidak perlu mengokang kembali untuk pengisian magazin.

Keunggulan lain senjata ini adalah memiliki ketahanan terhadap kelembaban dan akurasi yang tinggi karena dilengkapi dengan teleskop trijikon. Jarak efektif senjata ini yakni 400 hingga 500 meter.

Sumber: okezone
Foto: Kopassus/Net
5 Senjata Kopassus di Medan Operasi, Nomor 3 Pernah Tembak Mati Pembajak Pesawat Garuda 5 Senjata Kopassus di Medan Operasi, Nomor 3 Pernah Tembak Mati Pembajak Pesawat Garuda Reviewed by Admin Kab. Semarang on Rating: 5

Tidak ada komentar