Breaking News

Ketua MUI Marah Besar Qariah Baca Alquran di Tangerang Disawer Uang


Ketua Majelis Ulama Indonesia (MUI) Pusat, KH. Cholil Nafis mengaku geram usai melihat rekaman video viral yang memperlihatkan seorang qariah disawer uang oleh beberapa jemaah yang hadir saat sedang membaca ayat suci Alquran.

Cholil menyatakan saweran uang kepada qari atau qariah merupakan cara yang salah dan tidak menghormati majelis.

"Ini cara yang salah dan tak menghormati majelis. Perbuatan haram dan melanggar nilai-nilai kesopanan," kata Cholil yang dicuitkan melalui akun Twitternya @cholilnafis, Kamis (5/1).

Dari rekaman yang viral diduga peristiwa itu terjadi di Tangerang, Banten, di mana qariah bernama ustazah Nadia Hawasyi melantunkan ayat Alquran di panggung peringatan maulid Nabi Muhammad SAW.

Cholil meminta agar acara dan perbuatan sawer uang ke qari seperti demikian bisa dihentikan. Ia juga berharap para ulama dan tokoh masyarakat untuk menolak tradisi seperti demikian.

"Jangan menganggap ini tradisi yang baik. Jelas cara ini bertentangan dengan ayat-ayat yang dibaca qoriah," kata dia.

Tidak hanya itu, Cholil juga meminta agar qari atau qariah mengambil sikap untuk berhenti membaca ayat suci Alquran bila tindakan sawer itu terjadi.

"Harus dilarang oleh panitia, dan qariah mengambil tindakan berhenti membaca sbg protes, bahkan keluarganya bisa mencegahnya," kata dia.

Dalam rekaman video yang viral itu terlihat saat Qariah sedang bertilawah di panggung maulid nabi, dia disawer uang oleh beberapa jemaah yang hadir.

Terlihat dua orang jemaah laki-laki naik atas panggung dan menyebarkan uang ke arah sang qariah yang sedang duduk membaca ayat suci Alquran. Salah satu laki-laki itu bahkan terlibat menyelipkan uang di kerudung bagian kening sang qariah.

Belum diketahui dengan pasti lokasi kejadian viral tersebut. Hanya saja keterangan video itu menerangkan terjadi di kawasan Tangerang, Banten.

Sumber: law-justice
Foto: Ketua Majelis Ulama Indonesia (MUI) Pusat, KH. Cholil Nafis/Net
Ketua MUI Marah Besar Qariah Baca Alquran di Tangerang Disawer Uang Ketua MUI Marah Besar Qariah Baca Alquran di Tangerang Disawer Uang Reviewed by Admin Kab. Semarang on Rating: 5

Tidak ada komentar