Breaking News

Soal Aliran Bab Kesucian, Gus Yaqut: Kemenag Sedang Verifikasi dan Mengajak Dialog


Kementerian Agama memberikan perhatian khusus pada temuan Majelis Ulama Indonesia (MUI) Sulawesi Selatan (Sulsel) terkait dugaan aliran sesat Bab Kesucian di Kelurahan Samata, Kecamatan Somba Opu, Kabupaten Gowa, Sulsel.

Menteri Agama Yaqut Cholil Qoumas memastikan, sudah meminta jajaran Kemenag Sulsel untuk melakukan verifikasi lapangan, guna mendapatkan informasi lengkap dari pihak-pihak terkait.

"Verifikasi dan klarifikasi ini penting agar langkah tindak lanjut yang diambil benar-benar berdasarkan informasi yang sebenarnya. Selanjutnya diajak dialog," ujar Gus Yaqut, sapaan karibnya, di Jakarta, Senin (2/1).

Dia juga memastikan jajaran Kanwil, Kankemenag, penyuluh, bersama FKUB setempat telah diminta untuk menjalin dialog guna mendengar penjelasan pengikut Bab Kesucian terkait keyakinan dan pemahaman yang mereka anut.

"Perlu digali, sumber keyakinan mereka dari mana, dan argumentasinya seperti apa," katanya.

"Sekira ditemukan adanya indikasi penyimpangan dalam pemahaman keagamaan, kita lakukan edukasi, dakwah, dan pendampingan, khususnya kepada para anggotanya," sambungnya.

Pada sisi lain, politisi Partai Kebangkitan Bangsa (PKB) itu mengimbau agar masyarakat tenang dan tidak melakukan respon berlebihan.

"Saya mengimbau warga untuk tetap tenang dan tidak main hakim sendiri," pungkasnya. 

Sumber: rmol
Foto: Menteri Agama Yaqut Cholil Qoumas/Net
Soal Aliran Bab Kesucian, Gus Yaqut: Kemenag Sedang Verifikasi dan Mengajak Dialog Soal Aliran Bab Kesucian, Gus Yaqut: Kemenag Sedang Verifikasi dan Mengajak Dialog Reviewed by Admin Pusat on Rating: 5

Tidak ada komentar