Breaking News

4 Penyebab Biaya Haji dari Indonesia Makin Mahal


Terbaru dikabarkan bahwa Biaya Perjalanan Ibadah Haji, biaya yang dibayar langsung oleh jamaah haji tahun 2023 akan berada di angka Rp49.810.000. Angka ini sebesar 55,4% dari total biaya penyelenggaraan haji, dan sisanya akan ditanggung oleh dana penyelenggaraan haji. Banyak yang kemudian bertanya apa yang jadi penyebab biaya haji semakin mahal dari tahun ke tahun.

Angka ini sebenarnya berada lebih rendah dari angka yang diusulkan oleh Menteri Agama Yaqut Cholil Qoumas, yakni sebesar Rp69.190.000. Padahal pada kenyataannya, biaya paket haji Saudi sendiri mengalami penurunan sebesar 30%.

Penyebab Biaya Haji Makin Mahal

Lalu kemudian apa yang jadi penyebab kenaikan biaya haji ini jika terdapat penurunan sebesar 30% dari sisi pemerintah Arab Saudi sendiri?

Jawabannya adalah cukup banyak. Faktanya, ibadah haji yang selama ini dilaksanakan selalu berkaitan dengan banyak faktor, dan tidak sekedar biaya paket haji Saudi yang mengalami penurunan saja. Banyak variabel lain yang ternyata mengalami peningkatan, sehingga harus disesuaikan dari waktu ke waktu.

Disampaikan dalam krjogja.com, beberapa variabel turut berpengaruh pada peningkatan biaya haji dari tahun ke tahun.

Kebijakan Arab Saudi

Kebijakan pemerintah Arab Saudi. Kebijakan ini akan berpengaruh pada kenaikan atau penurunan biaya paket haji yang diselenggarakan, sehingga harus dipahami oleh calon jamahaan haji. Salah satu variabelnya adalah batas pemberian visa untuk negara tertentu.

Jumlah Peserta Haji Semakin Besar

Semakin banyak jemaah yang mendaftar maka akan berpengaruh pula pada biaya haji yang harus dikeluarkan. Hukum ekonomi dapat diterapkan di sini, yakni semakin besar jumlah permintaan maka semakin tinggi pula harga yang diberikan.

Nilai Mata Uang

Adanya devaluasi selama beberapa tahun terakhir karena perolehan perekonomian yang tidak memadai menyebabkan biaya paket haji masing-masing negara menjadi meningkat. Dalam konteks Indonesia, melemahnya nilai tukar rupiah terhadap dolar menjadi penyebab utamanya.

Tarif Jasa Haji Naik

Tidak sedikit perusahaan yang kemudian memberikan harga tinggi untuk paket normal, karena permintaan yang besar. Peran perusahaan jasa perjalanan haji menjadi besar, dalam rangka perubahan harga dan biaya haji setiap tahunnya.

Tentu hal ini juga masih dipengaruhi oleh berbagai variabel lainnya, termasuk kondisi internasional dan banyak hal lain. Ini kenapa selalu memperhatikan kondisi ekonomi dan politik internasional menjadi penting. Itu tadi beberapa penyebab biaya haji makin mahal yang terjadi di indonesia.

Sumber: suara
Foto: Jamaah haji saat tiba di Bandara Lombok, Nusa Tenggara Barat, Kamis (4/8/2022) ANTARA/HO-Humas Bandara Lombok
4 Penyebab Biaya Haji dari Indonesia Makin Mahal 4 Penyebab Biaya Haji dari Indonesia Makin Mahal Reviewed by Admin Kab. Semarang on Rating: 5

Tidak ada komentar