Breaking News

Bunga Bank di RI Tertinggi di Dunia, OJK: Penyebabnya karena Negara Kepulauan


Tingginya bunga bersih bank atau Net Interest Margin (NIM) di Indonesia menjadi sorotan, salah satunya oleh Presiden Jokowi yang menyatakan bunga bersih bank di Indonesia menjadi yang tertinggi di dunia.

Wakil Ketua Dewan Komisioner Otoritas Jasa Keuangan (OJK), Mirza Adityaswara, mengatakan ada beberapa penyebab tingginya bunga bersih bank di Indonesia. Antara lain terkait beban operasional perbankan di Indonesia yang tinggi.

"Negara Indonesia adalah kepulauan. Perbankan harus memiliki kantor cabang dan pegawai yang banyak. Ini menjadi salah satu penyebab utama tingginya operational cost di perbankan," kata Mirza dan Focus Group Discussion di Balikpapan, Kalimantan Timur.

Selain itu, adanya biaya provisi untuk pencadangan dalam menangani kredit bermasalah atau non performing loan (NPL) juga menjadi masalah bagi perbankan. Menurut Mirza, jika perbankan bisa menekan rasio kredit bermasalah, maka biaya provisi bisa lebih ditekan.

"Beberapa negara lain seperti Singapura atau Hong Kong, NPL hanya 1 persen. Jadi seharusnya kredit bermasalah ini harus ditekan menjadi 1 persen," ujarnya.

Untuk mengatasi masalah tingginya bunga bersih bank tersebut, maka perbankan harus melakukan efisiensi dengan menggenjot digitalisasi. Selain itu, perbankan harus menekan kredit bermasalah.

"Untuk kredit bermasalah ini perbankan harus mendapatkan banyak informasi terkait profil calon debitur. Selama ini kan informasinya cukup terbatas sehingga risikonya juga tinggi," katanya.

Otoritas Jasa Keuangan (OJK) mencatat NIM perbankan dalam negeri mencapai 4,89 persen pada Januari 2023, naik dibandingkan pada Desember 2022 pada level 4,71 persen.

Sementara penyaluran kredit perbankan tumbuh 10,53 persen secara tahunan menjadi Rp 6.311 triliun per Januari 2023, ditopang oleh kredit investasi dan modal kerja yang masing-masing tumbuh 12,61 persen dan 10,3 persen secara tahunan.

Sumber: kumparan
Foto: Ilustrasi gedung Otoritas Jasa Keuangan (OJK) Foto: Anggi Dwiky Darmawan/kumparan
Bunga Bank di RI Tertinggi di Dunia, OJK: Penyebabnya karena Negara Kepulauan Bunga Bank di RI Tertinggi di Dunia, OJK: Penyebabnya karena Negara Kepulauan Reviewed by Admin Kab. Semarang on Rating: 5

Tidak ada komentar