Breaking News

Diburu Pasukan Jenderal Kopassus, Egianus Kogoya dan Sandera Pilot Susi Air Tak Ada di Nduga


Operasi pembebasan Pilot Susi Air Kapten Philips Mark Mahrtens oleh Kelompok Kriminal Bersenjata (KKB) pimpinan Egianus Kogoya masih terus dilakukan. Dalam operasi itu, Komandan Korem 172/ Praja Wira Yakthi, Brigjen TNI JO Sembiring ditunjuk sebagai Komandan Komando Pelaksana Operasi (Dankolakops).

Kapolda Papua Inspektur Jenderal Polisi Mathius Fakhiri mengatakan, dari laporan yang diterima, posisi sandera berkebangsaan Selandia Baru yang berprofesi sebagai pilot Susi Air itu terus berpindah-pindah.

Namun, pihaknya memastikan bahwa keberadaan pilot Philip Mark Merthens tidak bersama Egianus Kogoya. "Yang pasti, baik sandera maupun KKB pimpinan Egianus Kogoya sudah tidak berada di Kabupaten Nduga," kata Fakhiri di Jayapura melansir dilansir Antara.

Upaya pembebasan sandera ini, kata Fakhiri, memang tidak mudah karena harus diperhitungkan dengan cermat karena di sekelilingnya banyak warga sipil, termasuk anak-anak. Apalagi, KKB sengaja ingin aparat bertindak tegas hingga ada korban jiwa dan akan dinyatakan pelanggaran Hak Asasi Manusia (HAM).

"Mudah-mudahan pembebasan dapat segera dilakukan tanpa ada korban jiwa," ujar Kapolda Fakhiri.

Dengan pengejaran yang dilakukan pasukan gabungan TNI-Polti membuat KKB pimpinan Egianus Kogoya semakin terdesak. Kendati, pihaknya kembali menegaskan tak akan gegabah dalam bertindak.

"Oleh karena itulah, berbagai pendekatan terus dilakukan, terutama melalui para tokoh agar tidak menimbulkan jatuh korban," ujar Kapolda.

Penyanderaan bermula dari pembakaran Pesawat milik Susi Air yang dipiloti Philip Mark Merthens di Paro, Kabupaten Nduga, serta menyandera pilotnya, pada Selasa 7 Februari 2023. Aksi tersebut dilakukan KKB pimpinan Egianus Kogoya.

Sumber: okezone
Foto: KKB sandera pilot Susi Air (Foto: Ist)
Diburu Pasukan Jenderal Kopassus, Egianus Kogoya dan Sandera Pilot Susi Air Tak Ada di Nduga Diburu Pasukan Jenderal Kopassus, Egianus Kogoya dan Sandera Pilot Susi Air Tak Ada di Nduga Reviewed by Admin Kab. Semarang on Rating: 5

Tidak ada komentar