Breaking News

Viral Murid SMA di NTT Masuk Sekolah Jam 5 Pagi, Negara Asia Tenggara Lainnya Bagaimana?


Viral murid SMA di Nusa Tenggara Timur harus masuk sekolah jam 5 pagi karena kebijakan yang dikeluarkan Gubernur Viktor Bungtilu Laiskodat menimbulkan pro kontra. 

Masyarakat pun membandingkan dengan jam masuk sekolah di negara tetangga seperti Malaysia, Vietnam, Singapura hingga Filipina.

Seperti diketahui menurut Viktor, anak SMA bisa bangun lebih pagi yakni jam 4 subuh meski sebelumnya hanya tidur 6 jam, yakni di jam 10 malam.

"(Siswa) SMA dia tidur jam 10 malam, 11-12-1-2-3-4, jam 4 bangun. Mandi setengah jam, setengah jam ke sekolah, ini kan di kota, 30 menit sampai," ujar Viktor dalam video YouTube dilihat suara.com, Selasa (28/2/2023).

Viktor mengakui jika awalnya dirasa berat dan tidak mudah mengubah kebiasaan sejak lama, yaitu jam masuk sekolah dimulai pukul 07.00 WITA pagi.

"Mulai pasti berat ini, kalian guru-guru kepala sekolah mulai pasti berat. Tidak ada perubahan yang mudah. Di kota kita ubah, sekolah mulai jam 5.00 pagi. Setuju tidak semuanya?," tambah Viktor.

Berikut ini perbandingan jam masuk sekolah dan jam lama belajar di berbagai negara Asia Tenggara yang berhasil di rangkum suara.com:

1. Malaysia 30 Menit Lebih Siang

Menurut situs Erlass, jika umumnya jam masuk sekolah di Indonesia dimulai jam 7 pagi, maka di Negeri Jiran jam masuk sekolah dimulai pukul 07.30 hingga 13.00. Bahkan khusus untuk sekolah negara memiliki jam masuk sekolah yang lebih singkat.

2. Durasi Lebih Panjang di Filipina

Diwartakan situs Change, siswa di Filipina harus menghadapi serangkaian tantangan berat di sekolah, karena meski jam mulai masuk sekolah 30 menit lebih lambat dibanding Indonesia yakni 07.30, tapi durasi belajar cenderung lebih lama yaitu bisa sampai jam 4 atau jam 5 sore.

3. Vietnam Bagi Dalam 2 Shift

Lantaran jumlah kelas yang terbatas, maka jam sekolah di Vietnam dibagi dalam dua shift pagi dan siang. Tidak hanya itu waktu sekolah juga cenderung lebih singkat.

Menurut situs De Capua, disebutkan masuk sekolah pagi dimulai jam 7 pagi sampai jam 11. pagi Sedangkan shift siang dimulai jam 1 siang hingga jam 5 sore. Tapi mereka juga harus masuk di hari Sabtu, untuk evaluasi apa yang sudah dipelajari selama satu minggu sebelumnya.

4. Beban Siswa Singapura

Salah satu negara tetangga yang sangat dekat dengan Indonesia, Singapura punya jam masuk sekolah yang lebih lambat yakni pukul 08.30 hingga pukul 16.30. Selain itu sama seperti di Indonesia, negara singa putih ini juga memiliki jam pelajaran tambahan atau guru kerap memberikan tugas rumah.

Sumber: suara
Foto: Sebuah video memperlihatkan aktivitas guru SMA di NTT yang harus mulai proses belajar mengajar dari pukul 05.00 WITA. (Twitter)
Viral Murid SMA di NTT Masuk Sekolah Jam 5 Pagi, Negara Asia Tenggara Lainnya Bagaimana? Viral Murid SMA di NTT Masuk Sekolah Jam 5 Pagi, Negara Asia Tenggara Lainnya Bagaimana? Reviewed by Admin Kab. Semarang on Rating: 5

Tidak ada komentar