Breaking News

Cerita Saksi Tewasnya Pemuda Diduga Tertembak Polisi di Wuni Gunungkidul


Aldi Apriyanto (19), pemuda di Pedukuhan Wuni, Kalurahan Nglindur, Kapanewon Girisubo, Gunungkidul tewas diduga tertembak senapan polisi. Salah seorang saksi mata sekaligus teman dekat korban menceritakan detik-detik korban terkapar diterjang peluru.

"Saya dekat, kakaknya korban teman saya, sudah seperti adik saya sendiri. Sebelum kejadian saya mampir rumahnya dan dibuatkan kopi dulu, dia minta bareng berangkatnya," kata saksi bernama Deri Saputra (29) itu saat ditemui di rumah duka, Wuni, Nglindur, Girisubo, Gunungkidul, Senin (15/5/2023).

Deri melanjutkan sesampainya di lokasi acara bersih telaga, korban duduk di depan panggung dengan posisi menghadap ke arah penonton. Sebab, Aldi merupakan salah satu panitia acara.

"Dia ini posisinya duduk di depan panggung. Nah, pas posisi ketembak itu di sebelah saya. Jadi sekali dor dia terkapar," ucapnya.

Setelah itu, kata Deri, Aldi sempat melambaikan tangan dan tersenyum ke arahnya. Saat itu Deri belum sadar jika Aldi mengalami luka tembak.

"Setelah tertembak itu terkapar, sempat tersenyum dan melambaikan tangan sama saya. Saya kira dia memberi tanda saya tidak apa-apa mas, gitu," ujarnya.

"Logika menurut saya tembakan peringatan itu ke atas, dan mungkin ini angin jadi tekanan angin, korban kaget dan pingsan," lanjut Deri.

Semua itu semakin kuat saat pelaku penembakan malah meminta Aldi untuk bangun dari tempat terkaparnya. Menurutnya, pelaku saat itu masih belum sadar jika senapan laras panjang memuntahkan timah panas ke tubuh Aldi.

"Terus pelaku penembakan itu bilang 'ayo bangun', mungkin dia tidak sadar kalau di dalam senapan posisi ada pelurunya. Karena kan tidak ada yang sengaja ingin membunuh hanya keteledoran dan itu membuat saya yakin kalau itu tidak kena tembakan tapi tekanan angin kaget terus pingsan," ujarnya.

Akan tetapi, Aldi tidak kunjung bangun dari tempatnya. Oleh karena itu, Deri langsung mengangkat tubuh Aldi dan membawanya ke Puskesmas Rongkop.

"Karena keyakinan ayo bangun, teman-teman tidak bagaimana-bagaimana. Lalu setelah 10 menit tidak bergerak (korban) saya angkat, saya bawa ke Puskesmas Rongkop, saya yang nyetir saat itu," ucapnya.

Di tengah perjalanan, Deri menceritakan jika Aldi sempat mengerang kesakitan. Saat itu Deri baru sadar jika teman dekatnya itu mengalami luka tembak.

"Saat jalan 2 sampai 3 kilometer itu korban mengerang itu, dan sampai Puskesmas korban tidak sadar dan darah keluar terus. Karena itu saya oper ke mobil ambulans lalu dibawa ke RSUD Wonosari-Jogja dan saya di belakang mengikuti sama keluarga," ujarnya.

Simak selengkapnya di halaman selanjutnya.

Sesampainya di RSUD Wonosari, Deri mengaku dokter yang menangani mengungkapkan jika Aldi sudah tidak bisa tertolong.

"Ambulans sampai RSUD dan selang beberapa menit saya datang, lalu dokter bilang kalau sudah tidak tidak bisa tertolong. Lalu saya bawa pulang, sama keluarganya," ucapnya.

Deri pun berharap kasus ini diusut tuntas. Mengingat Aldi adalah sosok yang tidak pernah neko-neko selama ini.

"Bocahnya alim, tidak doyan miras, merokok karena itu banyak orang yang merasa kehilangan," ucapnya.

Diberitakan sebelumnya, seorang warga Pedukuhan Wuni, Kalurahan Nglindur, Kapanewon Girisubo, Gunungkidul, bernama Aldi Apriyanto (19) meninggal usai mengalami luka tembak. Dukuh setempat menyebut tembakan itu berasal dari senapan laras panjang anggota polisi yang berjaga saat acara bersih telaga.

Dukuh Wuni, David Nurvianto mengatakan awalnya Karang Taruna Manunggal Putra di wilayahnya menggelar acara temu kangen sekaligus bersih telaga. Acara yang diisi hiburan orkes campursari ini berlangsung sekitar pukul 21.00 WIB.

Saat acara berlangsung, kata David, terjadi kerusuhan antarpenonton. Selanjutnya, kerusuhan dapat terkondisi dan acara mulai bisa berlanjut kembali.

"Dan di luar area panitia itu ada kerusuhan, kemungkinan besar entah ada unsur kesengajaan atau tidak, itu dari salah satu oknum polisi ada yang membawa senapan laras panjang, pelatuknya ketarik dan mengenai salah satu warga saya hingga meninggal dunia," ucapnya.

Sumber: detik
Foto: Lokasi tewasnya pemuda diduga tertembak senapan polisi di Wuni, Nglindur, Girisuba, Gunungkidul, Senin (15/5/2023). (Foto: Pradito Rida Pertana/detikJateng)
Cerita Saksi Tewasnya Pemuda Diduga Tertembak Polisi di Wuni Gunungkidul Cerita Saksi Tewasnya Pemuda Diduga Tertembak Polisi di Wuni Gunungkidul Reviewed by Admin Pusat on Rating: 5

Tidak ada komentar