Breaking News

Hadapi Pemilu, Polisi RW Dikerahkan untuk Antisipasi Bentrok Warga


Polres Sukabumi melaunching ratusan polisi RW yang akan bertugas di lingkungan Rukun Warga (RW) di setiap desa di Kabupaten Sukabumi,  Jumat (12/5/2023).

Kapolres Sukabumi, AKBP Maruly Pardede, mengatakan, sekitar 555 personel Polres Sukabumi dikerahkan menjadi Polisi RW.

Polisi RW nantinya akan bertugas menjaga ketertiban di masyarakat lingkungan RW di masing-masing desa.

"Kegiatan ini untuk menunjukan adanya kolaborasi dari tiga elemen, pertama polisi RW, keterwakilan dari aparatur pemerintahan yaitu pihak dari kepolisian, yang kedua penyuluh kamtibmas dari para tokoh agama, yang ketiga adalah pokdar (kelompok sadar) kamtibmas adalah keterwakilan dari tokoh tokoh masyarakat dari pemuda," ujar Maruly di Lapangan Cangehgar, Palabuhanratu, seusai apel Launching Polisi RW, Jumat (12/5/2023).

Tiga elemen itu, kata AKBP Maruly Pardede, juga akan bertugas menjaga keamanan dan mengantisipasi bentrokan warga menjelang Pemilu 2024.

"Kita lihat pengalaman ke belakang  bagaimana ada beberapa kegiatan dalam menghimpun suara atau menghimpun masa, atau pun meyakinkan upaya-upaya, menyakinkan para pemilih itu menimbulkan aksi gesekan-gesekan di tengah masyarakat," katanya.

"Oleh karna itu dengan tiga komponen yang kita satukan sekarang, sesuai dengan tugas pokoknya masing-masing diharapkan bisa lebih detail, lebih dini menemukan dan mencari solusi indikasi-indikasi yang saya maksudkan tadi," jelasnya.

Ia pun berharap, adanya polisi RW dapat menjadikan Pemilu aman tanpa adanya kegaduhan di masyarakat.

"Harapannya, Polisi RW, penyuluh kamtibmas ini kedepan Kabupaten Sukabumi lebih kondusif terutama menghadapi pemilu tahun 2024 yang akan datang," ujar AKBP Maruly Pardede.

Diketahui, polisi RW berjumlah 555 personel itu bukan Bhabinkamtibmas di setiap desa, melainkan anggota yang sebelumnya tidak bertugas sebagai Bhabinkamtibmas.

Untuk penyuluh Kamtibmas sendiri berjumlah 326, mereka merupakan orang-orang dari kecamatan dan desa, lalu pokdar kamtibmas dsri dlemen pemuda berjumlah 65 orang. (*)

Sumber: tribunnews
Foto: Ratusan polisi RW akan dikerahkan Polres Sukabumi untuk menjaga keamanan jelang Pemilu 2024. Peresmian Polisi RW digelar di Lapangan Cangehgar, Palabuhanratu, Jumat (12/5/2023)/Tribun Jabar/M Rizal Jalaludin
Hadapi Pemilu, Polisi RW Dikerahkan untuk Antisipasi Bentrok Warga Hadapi Pemilu, Polisi RW Dikerahkan untuk Antisipasi Bentrok Warga Reviewed by Admin Kab. Semarang on Rating: 5

Tidak ada komentar