Breaking News

Inilah Daftar Dokumen Rahasia Keuangan BSI yang Dibongkar Lockbit 3.0


Serangan siber yang menimpa Bank Syariah Indonesia (BSI) mencapai puncak baru yang mengkhawatirkan. Kelompok peretas yang dikenal sebagai Lockbit Ransomware 3.0., yang sebelumnya diduga telah meretas dan menyandera 15 juta data pelanggan dan karyawan BSI, telah merilis data curian tersebut ke situs gelap.

Informasi ini disampaikan oleh akun Twitter @darktracer_int pada Selasa, (16/5/2023). Menurut akun tersebut, masa negosiasi antara BSI dan kelompok peretas telah berakhir, dan sebagai hasilnya, Lockbit Ransomware 3.0. telah mempublikasikan semua data yang dicuri dari BSI.

Pakar keamanan siber dan pendiri Ethical Hacker Indonesia, Teguh Aprianto, juga memberikan konfirmasi terhadap kabar tersebut.

“Data BSI saat ini sudah resmi dibocorkan secara bertahap oleh LockBit. Dengan estimasi total 8.133 file yang akan dibocorkan secara keseluruhan,” tulis Teguh melalui akun Twitter @secgron, Selasa (16/5/2023) yang sudah diizinkan dikutip inilah.com.

“Informasi pribadi 24.437 karyawan BSI dan dokumen internal sudah masuk ke daftar yang telah dibocorkan lebih awal,” tambahnya.

Teguh juga mengungkapkan bahwa data nasabah BSI telah dipastikan bocor, termasuk data pribadi, informasi pinjaman, hingga database orang-orang yang pernah dihubungi oleh bank tersebut. “Orang-orang yang pernah dihubungi oleh Bank BSI juga dipastikan nomor HP mereka ikut bocor di database call_history.csv (10 GB),” ungkapnya.

Data dokumen yang dibocorkan Lockbit 3.0
Daftar data yang terpapar dalam kebocoran ini mencakup nama lengkap, nomor HP, email, alamat, nomor ID karyawan, status karyawan, informasi jabatan, informasi penempatan karyawan, hingga informasi manajer yang bertanggung jawab. Mantan karyawan BSI juga tidak luput dari dampak kebocoran data ini.

Dokumen data yang dibocorkan geng peretas Lockbit 3.0

Bantahan BSI

Merespon kebocoran data tersebut Corporate Secretary BSI Gunawan A. Hartoyo mencoba menenangkan dengan meminta nasabah tetap tenang karena pihak BSI menjamin keamanan transaksi.

“Dapat kami sampaikan bahwa kami memastikan data dan dana nasabah aman, serta aman dalam bertransaksi. Kami berharap nasabah tetap tenang karena kami memastikan data dan dana nasabah aman, serta aman dalam bertransaksi. Kami juga akan bekerjasama dengan otoritas terkait dengan isu kebocoran data,” dalam keterangan tertulisnya, Selasa (16/5/2023).

Serangan ini sendiri menambah daftar panjang serangan siber yang menimpa institusi keuangan di seluruh dunia. Ini menunjukkan betapa pentingnya perlindungan data dan keamanan siber, dan juga bagaimana lembaga keuangan harus selalu waspada terhadap ancaman ini.
Sumber: inilah
Foto: Layanan perbankan Bank Syariah Indonesia (BSI) mengalami gangguan, dampaknya ke mana-mana. (Foto: Inilah.com/Didik Setiawan).
Inilah Daftar Dokumen Rahasia Keuangan BSI yang Dibongkar Lockbit 3.0 Inilah Daftar Dokumen Rahasia Keuangan BSI yang Dibongkar Lockbit 3.0 Reviewed by Admin Pusat on Rating: 5

Tidak ada komentar