Breaking News

Kritik Kemenkes Prof Dr Zainal Muttaqin Dipecat RS Kariadi Semarang


Perkara Ahli Bedah Saraf Prof dr Zainal Muttaqin dipecat dari RS Kariadi Semarang kembali muncul ke permukaan.

Sebelumnya, kabar Prof dr Zainal Muttaqin dipecat dari RS Kariadi Semarang pada akhir pekan April 2023 lalu. 

Saat itu dokter dan ahli syaraf Prof dr Zainal Muttaqin dipecat dari RS Kariadi Semarang diduga kuat berkaitan dengan tulisan opini kritik pada kebijakan Kementerian Kesehatan (Kemenkes) terutama RUU Kesehatan.

Kabar tersebut viral yang beredar luas di media sosial, hingga membuat sejumlah pihak merasa heran sebab hanya karena kritik yang dinilai sebagai kebebasan berpendapat.

Salah satunya yang merasa heran dengan dipecata Prof dr Zainal Muttaqin dari RS Kariadi, adalah selebgram asal Kota Semarang Lutfi Agizal.

Lutfi Agizal merasa ada yang aneh dengan kepusan dipecat Zainal Muttaqin oleg RS Kariadi Semarang itu.

Pada akun Instagram pribadinya ia menggunggah beberapa potongan capture pemberitaan media seputar pemecatan Prof dr Zainal Muttaqin oleh RS Kariadi Semarang.

"Dipecat karena kritik RUU KEMENKES jadi gini caranya @kemenkes_ri ?.

Begitu banyak pengabdian & jasa-jasa Prof Dr. Zainal Muttaqin untuk masyarakat indonesia, karena beliau mengungkapkan kritikan kepada pemerintah yang sesuai keahliannya ( dunia kesehatan/dokter ) beliau sampai dipecat ?

*silahkan google apa kritikan-kritikan dari prof untuk RUU KEMENKES

Baiklah dengan kekuatan netizen maka kasus ini harus diviralkan demi keadilan Prof Dr. Zainal Muttaqin.

*Beliau adalah dokter bedah syaraf alm ayah saya saat menghadapi 2x operasi kanker otak" tulis Caption Instagram @lutfiagizal, pada 9 April 2023.

Ia kemudian mendesak salah satu rekan selebgram lainnya yakni Uya Kuya untuk membantu kasus yang tak masuk akal tersebut agar diungkap pada kanal podcast YouTube dia.

"kenapa si pejabat sekarang Baperan banget, nggak ada integritasnya !! di kritik mbok ya di dengerin , bersinergi bareng, yg salah dibuat bener , mudah kan !! ini tiap kritik di ancem, di pecat !!! intinya kalau BERSIH KENAPA RISIH !!!" komentar @astridkuya.

Komentar Astrid Margarta atau istri dari Uya Kuya ini langsung dibalas oleh Lutfi Agizal.

"@astridkuya om uya angkat ini @king_uyakuya ayoo" balas komentar Lutfi Agizal.

Melansir Sura.com, menurut informasi yang beredar, Prof Zainal diduga dipecat karena sering mengkritik Kementerian Kesehatan (Kemenkes). Ia diduga kerap membuat tulisan yang berisi kritik terhadap Menkes dan kebijakan pemerintah di bidang kesehatan.

Dirjen Pelayanan Kesehatan (Yankes) bahkan diduga sampai menyambangi Dirut RS Kariadi agar Prof Zainal segera dipecat. Di sisi lain, Mantan Direktur Penyakit Menular Badan Kesehatan Dunia (WHO) Asia Tenggara Prof Tjandra Yoga Aditama, ikut menanggapi masalah ini.

Berdasarkan informasi yang diterimanya, pemberhentian kerja Prof Zainal di RS Kariadi Semarang, bukan karena soal mengkritik Kemenkes. Dikatakannya, hal tersebut berkaitan dengan masa kontrak sang dokter sebagai mitra yang memang sudah berakhir sejak 6 April 2023 lalu.

Sementara itu, usai didesak, Kepala Biro Komunikasi dan Pelayanan Publik Kemenkes, Siti Nadia Tarmizi, akhirnya angkat bicara. Ia mengaku pihaknya saat ini tengah melakukan pemeriksaan terkait kabar pemecatan Prof Zainal yang diduga berkaitan dengan kritik terhadap jajarannya.

Tanggapan IDI

Ikatan Dokter Indonesia (IDI) ikut menanggapi soal pemecatan Prof Zainal Mutaqqin dari RS Kariadi. Mereka tak setuju dengan keputusan dari Kemenkes itu lantaran tindakan sang dokter yang dinilainya sebagai bentuk kebebasan berpendapat.

Ketua Umum Pengurus Besar (PB) IDI DR dr. Moh. Adib Khumaidi, SpOT., mengatakan bahwa organisasinya siap memberikan pendampingan hukum bagi Prof Zainal. Hal ini bermakusd untuk memperjuangkan hak sebagai anggota IDI dan warga negara bebas berpendapat yang dilindungi UU.

“PB IDI melalui Bidang Hukum Pembelaan dan Pembinaan Anggota (BHP2A) dan IDI Jawa Tengah akan melakukan pendampingan hukum dan memperjuangkan hak-hak sebagai anggota IDI dan warganegara Indonesia,” ujarnya dalam keterangan tertulis, Senin (24/4/2023).

Di sisi lain, Ketua IDI Wilayah Jawa Tengah dr. Djoko Handojo, Sp. B-onk membahas soal penyelesaian masalah. Menurutnya, jika pemerintah kurang senang dengan kritik itu, seharusnya dibicarakan secara kekeluargaan terlebih dahulu.

Ia juga mengimbau agar pemerintah tidak melupakan pengorbanan para dokter dan tenaga kesehatan saat menangani Covid-19. Menurutnya, jangan hanya karena dikritik, yang padahal bertujuan agar pemerintah lebih baik, membuat mereka lupa dengan jasa tokoh kesehatan.

IDI kemudian mengungkap sosok Prof Zainal Muttaqin. Ia dikenal sebagai ahli bedah saraf di bidang yang terbilang langka, yakni ilmu epilepsi. Tak hanya itu, ia juga aktif mengajar para calon dokter bedah. Kerennya lagi, ia menjadi salah satu dokter bedah epilepsi yang paling berpengaruh di Indonesia.**

Sumber: suara
Foto: Ahli Bedah Syaraf Prof dr Zainal Muttaqin. (Instagram/kickandyshow)
Kritik Kemenkes Prof Dr Zainal Muttaqin Dipecat RS Kariadi Semarang Kritik Kemenkes Prof Dr Zainal Muttaqin Dipecat RS Kariadi Semarang Reviewed by Admin Pusat on Rating: 5

Tidak ada komentar