Breaking News

STMB Menuju Perilaku Masyarakat Desa Newung hygiene


Komando Bhayangkara | Sragen - STBM (Sanitasi Total Berbasis Masyarakat) adalah pendekatan dengan menggunakan metode pemicuan untuk mengubah perilaku masyarakat menuju perilaku yang hygiene dan sanitasi melalui pemberdayaan masyarakat. 

Serda Giman Haryanto Babinsa Ds.Newung anggota Koramil 13/Sukodono Kodim 0725/Sragen menghadiri Verifikasi Ds Newung dalam rangka STBM ( Sanitasi Total Berbasis Masyarakat ), Jum’at ( 12/05/2023 )

Tantangan pembangunan sanitasi di Indonesia adalah masalah sosial budaya dan perilaku penduduk yang terbiasa buang air besar (BAB) di sembarang tempat, khususnya ke badan air yang juga digunakan untuk mencuci, mandi dan kebutuhan higienis lainnya.


Berdasarkan Undang-Undang Nomor 32 Tahun 2004, penanganan masalah sanitasi merupakan kewenangan daerah, tetapi sampai saat ini belum memperlihatkan perkembangan yang memadai. Oleh sebab itu, pemerintah daerah perlu memperlihatkan dukungannya melalui kebijakan dan penganggarannya.

“ Sanitasi Total Berbasis Masyarakat yang selanjutnya disebut sebagai STBM adalah pendekatan untuk merubah perilaku higiene dan sanitasi melalui pemberdayaan masyarakat dengan metode pemicuan “ ungkap Serda Giman.

Komunitas merupakan kelompok masyarakat yang berinteraksi secara sosial berdasarkan kesamaan kebutuhan dan nilai-nilai untuk meraih tujuan. Open Defecation Free yang selanjutnya disebut sebagai ODF adalah kondisi ketika setiap individu dalam komunitas tidak buang air besar sembarangan. (Agus Kemplu)
STMB Menuju Perilaku Masyarakat Desa Newung hygiene STMB Menuju Perilaku Masyarakat  Desa Newung hygiene Reviewed by Admin Kab. Semarang on Rating: 5

Tidak ada komentar