Breaking News

TPA Pesalakan Pemalang Sudah Overload, Pemerintah Daerah BerdalihTidak Ada Anggaran


Komando Bhayangkara, Pemalang - Aksi unjuk rasa terkait penyelesaian masalah sampah di Tempat Pembuangan Akhir (TPA) Pesalakan Kecamatan Pemalang Kabupaten Pemalang, Kamis. (11/05/2023)

Puluhan masyarakat Desa Pegongsoran  dan Aktifis KAWALI Pemalang, unjuk rasa kali ini masalah sampah yang sudah menggunung dan berdampak polusi Udara, sampah yang tidak diolah pada akhirnya terjadi pencemaran lingkungan bahkan merusak air tanah.

Yang kita dapat informasi warga bahwa adanya " belatung " yang sudah sampai rumah warga, artinya proses pembusukan yang lama mengakibatkan populasi belatung tidak terkendali, ada rumor dari warga bahwa belatung hasil dari TPA itu bila dimakan ayam setelahnya ayam mati, namun bila diberikan ikan lele ikan tidak mati, hal ini bisa diinformasikan ke Dinas Lingkungan Hidup agar penanganan hasil pembuangan sampah lebih aman bagi warga sekitar sebelum ada solusi pembuangan yang baru.



Sebelum unjuk rasa ini sudah ada komunikasi/informasi dengan warga yang dilakukan oleh Aktivis KAWALI Pemalang terkait keluhan dari warga Pesalakan Desa Pegongsoran tentang sampah di TPA pada, Jumat (6/5/2023), Rapat dihadiri oleh perwakilan warga masing-masing RT Dusun Pesalakan, Kepala Desa Pegongsoran, Kadus, tokoh masyarakat, dan Ketua Kawali Andi Rustono dan disaksikan Babinsa. 

Dari hasil kesepakat akan melakukan aksi unjuk rasa ataupun audiensi dengan Pemerintah Daerah Kabupaten Pemalang dan DPRD Kabupaten Pemalang, Kamis 11 Mei 2023 pukul 10.00 s/d selesai oleh 1000 warga Dusun Pesalakan

Tuntutan:
A. Tutup sementara atau permanen TPA Pegongsoran 
B. Reklamasi TPA Pegongsoran

Dasar penutupan TPA:
1. TPA sampah Pesalakan mengalami overload
2. Sampah sudah melampaui batas wilayah hingga masuk ke pemukiman 
3. Belatung dekat pemukiman yang berdekatan TPA
4. Bau yang mengganggu warga
5. Sejak tahun 1992 hingga sekarang tidak pernah mendapatkan kompensasi baik kesehatan atau lainya.
6. Alat berat TPA rusak dan tidak diperbaiki sehingga mengganggu proses penanganan sampah



Berbagai upaya masyarakat dan Pemerintah Desa Pegongsoran telah dilakukan agar TPA Pesalakan ditangani dengan baik. Tetapi upaya tersebut gagal lantaran Pemkab Pemalang selalu berdalih tidak ada anggaran. (bondanMKB)
TPA Pesalakan Pemalang Sudah Overload, Pemerintah Daerah BerdalihTidak Ada Anggaran TPA Pesalakan Pemalang Sudah Overload, Pemerintah Daerah BerdalihTidak Ada Anggaran Reviewed by Admin Pemalang on Rating: 5

Tidak ada komentar