Breaking News

Mahasiswa Kkn Tematik Undip 2023 Ajarkan Strategi Promosi Terkini, Berkolaborasi Dengan Microinfluencer


Komando Bhayangkara, Pemalang Pulosari - Konsumsi kopi di Indonesia semakin hari semakin meningkat, hal ini memberikan peluang bagi pengusaha sehingga banyak usaha kopi bermunculan.
 
Usaha kopi yang semakin banyak bermunculan membuat para pemilik usaha harus memiliki strategi agar perusahaan dapat dikenal oleh masyarakat dan produk yang ditawarkan semakin diminati.

Kemajuan dan perkembangan teknologi melahirkan sebuah inovasi strategi baru pada komunikasi pemasaran yang digunakan oleh sebuah usaha. Salah satu strategi tersebut adalah endorsement melalui media online.

Strategi komunikasi pemasaran endorsement ini sedang marak dilakukan melalui sosial media.  Strategi endorsement melalui sosial media adalah strategi komunikasi pemasaran dengan menggunakan tokoh terkenal seperti artis, fashion blogger, fashion stylish, influencer dan lain-lain, sebagai alat pendukung serta penunjang ketertarikan masyarakat dengan produk yang ditawarkan di media sosial yang digunakan.

Saat ini, banyak pemilik usaha meminta para tokoh terkenal untuk meng-endorse produknya.
Untuk menciptakan brand image yang positif di benak konsumen, UMKM Kopi Pulosari Cap Tugu Juang diberikan pelatihan untuk menerapkan strategi komunikasi pemasaran ini oleh Naila Ayu Yasifa (Manajemen/2020) yang merupakan salah satu mahasiswa KKN Tematik Undip 2023. UMKM Kopi Pulosari Cap Tugu Juang merupakan salah satu UMKM lokal di wilayah Pulosari, Kabupaten Pemalang yang merupakan industri rumah tangga dan menghasilkan bubuk kopi bercita rasa serta beraroma nikmat. 


Dengan menggunakan strategi baru ini citra merek perusahaan akan meningkat. Selain itu, strategi ini akan membuat masyarakat menjadi lebih perhatian dengan produk yang ditawarkan sehingga secara otomatis UMKM tersebut akan lebih bergengsi di mata masyarakat karena digunakan oleh tokoh terkenal yang menjadi panutannya”, ujar Dr. Fahmi Arifan, S.T., M.Eng, selaku dosen pembimbing.

Dengan memilih sosok yang tepat, perusahaan akan semakin dikenal dan akan mencapai target pasar yang sesuai sehingga menghasilkan strategi pemasaran yang efektif”, tambah Dr. Heni Rizqiati S.Pt., M.Si, selaku dosen pembimbing.

Mempersiapkan produk yang akan dikirim kepada microinfluencer UMKM Kopi Pulosari Cap Tugu Juang melakukan strategi ini pada microinfluencer wilayah Pemalang dimana lokasi UMKM ini berdiri.

Micro influencer adalah pengguna media sosial yang memiliki jumlah pengikut antara 1.000 hingga 100.000 orang dan benar-benar paham tentang suatu bidang.

Keuntungan yang didapat dengan bekerjasama oleh microinfluencer di Pemalang yaitu biaya yang dibayarkan tidak terlalu besar namun sesuai dengan segmentasi pasar.

Selain itu, kerja sama ini adalah bentuk support antara influencer dan UMKM lokal yang dapat saling mempromosikan wilayah Pemalang. (bdnMKB) 

Mahasiswa Kkn Tematik Undip 2023 Ajarkan Strategi Promosi Terkini, Berkolaborasi Dengan Microinfluencer Mahasiswa Kkn Tematik Undip 2023 Ajarkan Strategi Promosi Terkini, Berkolaborasi Dengan Microinfluencer Reviewed by Admin Pemalang on Rating: 5

Tidak ada komentar