Breaking News

Sayangi Nyawamu Dengan Rawat Jantungmu

Komando Bhayangkara, Pemalang - Selamat Hari Jantung Sedunia ! Hari ini, kita memperingati pentingnya menjaga kesehatan jantung yang merupakan organ vital bagi keberlangsungan hidup kita.

Hari Jantung Sedunia atau World Heart Day (WHD) merupakan hari yang diperingati setiap tanggal 29 September. Tahun ini, Hari Jantung Sedunia jatuh pada hari Jumat (29/9/2023). Pada tahun ini, Tema Hari Jantung Sedunia adalah 'Use Heart, Know Heart' (Kenali Jantungmu, Sayangi Jantungmu). Jumat (29/09/2023) 

Sejarah Peringatan Hari Jantung Sedunia

Ide untuk mengadakan Hari Jantung Sedunia diperkenalkan oleh Antoni Baie de Luna, mantan presiden Federasi Kesehatan Dunia. Berdasarkan idenya bekerja sama dengan Organisasi Kesehatan Dunia, Hari Jantung Sedunia ditetapkan pada tahun 1999.

Dunia menyaksikan perayaan Hari Jantung Sedunia yang pertama pada 24 September 2000. Hingga tahun 2011, hari tersebut melanjutkan misinya untuk menciptakan kesadaran tentang pengelolaan penyakit kardiovaskular pada hari Minggu, terakhir bulan September.

Pada 2012 dengan gagasan untuk mengurangi angka kematian global akibat penyakit tidak menular sebesar 25%. Kemudian pada 2015, para pemimpin global berkumpul dan mendesak dunia untuk berpartisipasi aktif dalam tujuan ini dan pada tanggal 29 September diperingati sebagai Hari Jantung Sedunia.

Jantung adalah pompa darah yang bekerja tanpa henti untuk memompa darah ke seluruh tubuh kita. Namun, faktor gaya hidup yang tidak sehat seperti kurangnya aktivitas fisik, konsumsi makanan tinggi lemak dan gula, merokok, mengonsumsi alkohol berlebihan dan stres dapat menyebabkan berbagai kerusakan pada jantung.

Oleh karena itu, pada Hari Jantung Sedunia ini, mari kita tingkatkan kesadaran kita akan pentingnya menjaga kesehatan jantung dengan melakukan kebiasaan-kebiasaan sehat seperti olahraga teratur, makan makanan sehat, tidak merokok, tidak minum alkohol berlebihan dan mengurangi stres.

Pentingnya menjaga kesehatan jantung juga terlihat dari data bahwa penyakit jantung masih menjadi penyebab utama kematian di seluruh dunia. Namun, dengan melakukan upaya pencegahan dan pengobatan yang tepat, kita dapat mencegah terjadinya penyakit jantung dan meningkatkan kualitas hidup kita.

Selain itu, mari kita juga mendukung inisiatif-inisiatif dan penelitian-penelitian yang bertujuan untuk meningkatkan penanganan penyakit jantung sehingga memperbaiki kualitas hidup pasien dan memperpanjang umur hidup mereka.

Oleh karena itu, mari kita jaga kesehatan jantung kita dan dukung upaya pencegahan dan pengobatan penyakit jantung pada Hari Jantung Sedunia ini.

Kenali Jantung Sehatmu, Sayangi Hidupmuđź«€
Selamat Hari Jantung Sedunia 2023
#worldheartday
#sayangijantungmu
#waktusehatmu
#KemenkesHebatIndonesiaSehat
(bdnMKB) 

Sayangi Nyawamu Dengan Rawat Jantungmu Sayangi Nyawamu Dengan Rawat Jantungmu Reviewed by Admin Pemalang on Rating: 5

Tidak ada komentar