Breaking News

Cegah Bencana Dengan Meningkatkan Koordinasi dan Komunikasi Sosial


Komando Bhayangkara, Pemalang - Gunung Slamet yang terletak di wilayah Pulosari, Kabupaten Pemalang, Jawa Tengah merupakan salah satu gunung aktif di Indonesia yang cukup berpotensi untuk meletus kapan saja. Oleh karena itu, perlu adanya upaya untuk mengurangi dampak negatif yang ditimbulkan akibat letusan Gunung Slamet, seperti kerusakan infrastruktur, kehilangan harta benda, bahkan korban jiwa.Senin(25/3/2024)

Salah satu upaya yang dilakukan dalam mengatasi masalah tersebut adalah dengan meningkatkan koordinasi dan sinergi antara pemerintah, instansi terkait, dan masyarakat yang berada di wilayah Gunung Slamet. Kegiatan komsos yang dilakukan oleh Babinsa Koramil 13/Pulosari Kodim 0711 Korem 071/Wijayakusuma Koptu Bambang B bersama Petugas Pengamat Gunung Slamet dan jajarannya di Pos Pantau Pulosari adalah salah satu contoh dari upaya tersebut.
Babinsa menyampaikan Kegiatan komsos ini bertujuan untuk meningkatkan dan mengembangkan koordinasi antara pihak terkait untuk mengatasi masalah bencana Gunung Slamet. Selain itu, kegiatan ini juga memiliki manfaat yang besar dalam mengedukasi masyarakat tentang tindakan kesiapsiagaan dalam menghadapi bencana dan mengurangi risiko dan kerugian yang timbul akibat bencana.

Pendekatan komsos yang digunakan oleh Babinsa Koramil 13/Pulosari Koptu Bambang B dalam kegiatan ini yaitu dengan pendekatan intervensi yang melibatkan banyak pihak untuk meningkatkan koordinasi dalam mengatasi masalah bencana. Selain itu, kegiatan ini juga menggunakan media sosial sebagai salah satu sarana untuk menyampaikan edukasi dan pemahaman kepada masyarakat .

Disamping itu, pentingnya masyarakat yang cerdas dalam hal kesiapsiagaan terhadap bencana juga perlu ditekankan dalam kegiatan komsos ini. Dalam pengertian dapat mempersiapkan diri dan keluarga dalam menghadapi bencana disekitarnya. Peningkatan kesadaran masyarakat dalam hal ini akan sangat membantu dan mengurangi dampak buruk ketika terjadi bencana pungkasnya.

Oleh karena itu, kegiatan komsos ini sebaiknya terus dilakukan secara rutin dan konsisten guna menciptakan lingkungan yang aman dan siap menghadapi bencana. Dalam upaya mengatasi masalah bencana Gunung Slamet, tidak hanya peran pemerintah dan instansi terkait saja, tetapi juga memerlukan peran serta masyarakat demi menciptakan lingkungan yang siap menghadapi bencana. (redMKB)
Cegah Bencana Dengan Meningkatkan Koordinasi dan Komunikasi Sosial Cegah Bencana Dengan Meningkatkan Koordinasi dan Komunikasi Sosial Reviewed by Admin Pemalang on Rating: 5

Tidak ada komentar