Breaking News

Ini Lima Tugas Dari Firli Bahuri Untuk Gubernur Seluruh Indonesia


Komando Bhayangkara - Ketua Komisi Pemberantasan Korupsi (KPK) Firli Bahuri menyampaikan lima pesan yang harus dipahami dan dilakukan oleh para kepala daerah yang ada di Indonesia.

Lima pesan ini disampaikan oleh Firli di acara peluncuran aksi pencegahan korupsi Strategi Nasional Pemberantasan Korupsi (Stranas PK) 2021-2022 bertema "Cegah Korupsi Dari Hulu ke Hilir" yang disiarkan di akun Youtube KPK, Selasa (13/4).

"Terkait dengan Stranas PK saya ingin menyapa seluruh gubernur. Pada kesempatan ini saya ingin mengingatkan kembali kepada seluruh gubernur. Ada peran andil besar yang dimiliki oleh Gubernur," ujar Firli yang dikutip dari RMOL, Selasa (13/4).

Andi besar itu kata Firli, bertujuan untuk mewujudkan tujuan negara.

Yang pertama, Gubernur melakukan suatu kegiatan, program, visi misi untuk mewujudkan tujuan negara.

"Tolong sepakat 34 Gubernur. Anda ada karena untuk mewujudkan tujuan negara. Karena peran gubernur adalah wakil pemerintah pusat," kata Firli.

Selanjutnya kata Firli, gubernur harus bisa menjamin stabilitas politik dan keamanan di wilayahnya.

"Karena kalau stabilitas politik dan keamanan terganggu, pasti roda pemerintahan terganggu, program-program pembangunan nasional terganggu dan jauh untuk mewujudkan tujuan nasional," jelas Firli.

Kemudian kata Firli, tugas gubernur atau kepala daerah adalah, menjamin keselamatan masyarakat dari segala bentuk gangguan. Baik bencana alam maupun non-alam.

"Dan sekaligus juga gubernur harus bekerja untuk menjamin ada pertumbuhan ekonomi," terang Firli.

Lalu masih kata Firli, para gubernur atau kepala daerah juga harus memiliki peran menjamin kepastian kemudahan investasi dan perizinan berusaha.

"Kenapa ini kami kedepankan? Karena pertumbuhan ekonomi ini sangat didukung oleh situasi politik keamanan yang kondusif, adanya tentu belanja negara APBN maupun APBD dan karena ada investasi," tutur Firli.

"Tolong saya sampaikan kepada gubernur untuk investasi, jangan dipersulit, jangan meminta fee, buka investasi selebar-lebarnya. Kalau itu dibuka, maka akan ada lapangan pekerjaan, maka akan menimbulkan aktivitas ekonomi, sehingga banyak orang bekerja, banyak yang dapat penghasilan, maka tentu lah akan meningkatkan kekuatan ekonomi kita," sambung Firli.

Yang terakhir kata Firli, gubernur harus menjamin keberlanjutan program pembangunan nasional.

"Karenanya KPK bersama-sama Kementerian terkait fokus terhadap bagaimana kita bisa menyelesaikan persoalan bangsa kita, salah satunya adalah korupsi," pungkas Firli. (MKB/RMOL)

Ketua KPK Firli Bahuri saat menyampaikan pesan ke para Gubernur se Indonesia/Repro
Ini Lima Tugas Dari Firli Bahuri Untuk Gubernur Seluruh Indonesia Ini Lima Tugas Dari Firli Bahuri Untuk Gubernur Seluruh Indonesia Reviewed by Admin Kab. Semarang on Rating: 5

Tidak ada komentar