Breaking News

Diam-diam Mendaftar Penerimaan Polri Langsung Lulus, Anak Pengais Rongsokan Jadi Calon Bintara


Seorang anak pengais rongsokan, menceritakan perjuangannya mulai dari masih membantu orangtua bekerja, sampai kini siap ditempa sebagai calon bintara Polri.

Jika telah dilantik nanti, pria muda bernama Muhammad Ramdan Ashari itu, akan menjadi anggota Polres Metro Depok, Polda Metro Jaya.

Selama berjuang mendaftar dan tes penerimaan Polri, tidak ada satu pun orangtuanya yang tahu. 

Sampai pada hari H pengumuman kelulusan Pendidikan dan Pembentukan Bintara Polri T.A 2021, ia menghubungi ibunda, lalu disambut tangisan haru dalam sambungan video call.

Ramdan Ashari mengunggah kompilasi foto dan video perjuangannya menjelang penerimaan Polri, di akun TikTok ramadhanasr.

Tampak dalam video, ia pernah menjadi sopir ojek online Grab, pengantar minuman, kuli bangunan, bahkan berjualan ketupat dengan sesama pengemudi ojol.

Ramdan pun membagikan foto yang menangkapnya ketika ketiduran di rumah teman karena kecapekan, mengiris singkong untuk keripik yang dijual ibunya, sampai pernah kerja di pemasangan internet selama 4 bulan.

Ramdan juga pernnah dapat beras gratis dari hamba Allah, bersama rekan pengojek, sebelum akhirnya ia melakoni profesi sopir jasa pindahan rumah, yang membuat tangannya menghitam karena kotor.

Menjelang pendaftaran penerimaan Polri, ia mengurus berkas yang disyaratkan sampai seminggu lamanya, dengan perasaan cemas.

“Selalu minder karna peserta yang lain mengikuti bimbel sedangkan saya cuma belajar otodidak sendiri,” katanya yang tidak pernah diantar orangtua saat tes, beda dengan peserta lain.

“Pada akhirnya hari yang ditunggu-tunggu tiba dan saya dinyatakan LULUS TERPILIH mengikuti pendidikan Bintara Polri,” katanya, menunjukkan foto berbatik saat pengumuman kelulusan bersama ayahnya.

Ia juga memperlihatkan sang ibu memakai mukena saat menerima video call, menangis mengusap air mata, mendapati anaknya lulus casis Polri. Menurut Ramdan, ibunya amatlah bangga dengan pencapaian dia.

"roda kehidupan yang membuat saya semakin kuat untuk menjalani hidup,” tuturnya dalam caption.

Kolase tangkapan layar unggahan TikTok ramadanasr calon bintara Polri, anak pengais rongsokan.

Terungkap profesi sang ayah, saat melintas video ia dan ayah berada di antara gunung botol dan gelas plastik bekas.

"inilah pekerjaan ayah saya setiap harinya saya selalu membantu sortir rongsokan,” kata dia menuliskan.

Dalam unggahan lain, tampak tetangga, kerabat, dan keluarga mengucapkan selamat kepadanya disertai ungkapan kaget.

“Ni boca jadi pak polisi, daftarnya diem-diem, ditanyain gak ngaku, sekarang alhamdulillah da lolos selamat ya…” kata seorang kerabatnya.

Tiga unggahan Ramdan tentang perjuangan menjadi casis Polri pun, per 21 Agustus 2021 memperoleh total 500.000 suka, dengan komentar haru yang terus datang dari netizen.*** (MKB/PIKIRAN-RAKYAT)

Foto: Ilustrasi pendidikan dan pembentukan bintara Polri. /Tribratanews.sumbar.polri.go.id
Diam-diam Mendaftar Penerimaan Polri Langsung Lulus, Anak Pengais Rongsokan Jadi Calon Bintara Diam-diam Mendaftar Penerimaan Polri Langsung Lulus, Anak Pengais Rongsokan Jadi Calon Bintara Reviewed by Komando Bhayangkara on Rating: 5

Tidak ada komentar