Breaking News

Emak-Emak Sindikat Copet di Jadetabek Operasi di Mal, Begini Modusnya


Komando Bhayangkara - Polda Metro Jaya meringkus tiga orang emak-emak pelaku copet yang telah beroperasi sejak 2019. Para pelaku beraksi di pasar hingga mal yang ramai pengunjung.

"Kita temukan dari CCTV yang beredar, mereka menyamar menjadi pelanggan dan berkomplot jalan bersama-sama di pasar. Bahkan jarak jalannya semua sudah diatur teknisnya," ujar Kabid Humas Polda Metro Jaya Kombes Yusri Yunus kepada wartawan di Polda Metro Jaya, Jakarta, Kamis (19/8/2021).

Yusri mengungkapkan bahwa ketiganya memiliki peran masing-masing dalam melancarkan aksinya. Tiga perempuan tersebut beredar di tempat ramai dengan tugas mengalihkan perhatian korban hingga mencopet.

"Dia patroli, dia lihat sasarannya ada, kemudian yang satu biasanya dia alihkan perhatian korban, seperti menyenggol, menabrak, atau pura-pura bertanya. Kemudian yang lain ambil handphone dan dia serahkan lagi ke temannya di belakang kemudian jalan. Jadi mereka terorganisir bagus," ungkap Yusri.

Mereka diamankan polisi di rumah masing-masing di Jakarta pada Senin (16/8/2021). Ketiganya berinisial YR (45), MW (35), dan RH (45). Selain itu, polisi menangkap suami dari YR yang berinisial RJ (31) dan penadah hasil pencurian yang berinisial SS (34).

Beroperasi Sejak 2019

Yusri mengatakan ketiganya telah beroperasi di daerah Jabodetabek sejak 2019. Menurut keterangannya, mereka telah beroperasi sebanyak 50 kali.

"TKP berpindah-pindah. Kadang di Jakarta, Tangerang, Karawang. Di mana dia lihat ada keramaian di sanalah mereka bermain. Di pasar-pasar yang menjual baju atau mal sekalipun. YR memegang peran utama dari sindikat pelaku ini," kata Yusri Yunus pada konferensi pers di Gedung Reskrimum Polda Metro Jaya, Jakarta Selatan, Kamis (19/8/2021).

Dalam kasus ini, RJ suami YR juga ditangkap. Dia berperan sebagai joki yang mengantar-jemput dan menunggu para pelaku di TKP. Mereka biasa menggunakan mobil rental saat menyatroni target lokasi aksi pencuriannya.

"Dia (RJ) yang mengantar. Biasanya pakai mobil sewaan, nanti dia menunggu di sana. Kadang juga pakai taksi," ujar Yusri. (MKB/DETIK)

Foto: Polda Metro menangkap emak-emak sindikat copet. (Yogi Ernes/detikcom)
Emak-Emak Sindikat Copet di Jadetabek Operasi di Mal, Begini Modusnya Emak-Emak Sindikat Copet di Jadetabek Operasi di Mal, Begini Modusnya Reviewed by Komando Bhayangkara on Rating: 5

Tidak ada komentar