Breaking News

Gudang Bahan Bakar dan Mess Milik TNI Hangus Terbakar


Komando Bhayangkara - Kebakaran menghanguskan gudang bahan bakar dan mess milik TNI di Jalan Kalidam RT 04 RW 11 Kelurahan Karangmekar, Kecamatan Cimahi Tengah, Kota Cimahi, Senin 2 Agustus 2021 sekitar pukul 09.50 WIB.

Dalam kebakaran tersebut, seorang warga mengalami luka di kepala akibat tertimpa asbes, dan di telapak kaki kiri tertusuk paku saat berusaha memadamkan api.

Kebakaran tersebut sempat membuat panik warga sekitar, apalagi sempat terdengar suara ledakan. Warga pun berusaha memadamkan api, sebelum petugas Damkar Kota Cimahi akhirnya datang dan langsung menjinakkan api.

Komandan Regu I pada Satpol PP dan Damkar Kota Cimahi, Indrahadi mengatakan, dari laporan awal yang terbakar adalah SPBU milik TNI yang lokasinya memang berdekatan dengan mess dan gudang bahan bakar. Namun setelah tiba di lokasi, ternyata yang terbakar adalah gudang bahan bakar dan mess.

"Laporan awal itu SPBU milik TNI di Kalidam. Tapi setelah kami tiba di lokasi, ternyata yang terbakar adalah gudang bahan bakar dan mess yang memang berdekatan dengan SPBU milik TNI," katanya saat ditemui di lokasi kejadian.

Dijelaskan Indrahadi, berdasarkan keterangan dari saksi mata di sekitar SPBU, terjadi ledakan gas di gudang drum solar. "Mereka mengira bahwa ledakan itu dari SPBU, baru sadar setelah terjadi kepulan asap tebal. Mereka membuka akses, ternyata api sudah membesar," terangnya.

Menurut Indrahadi, kebakaran tersebut berlangsung cukup lama, karena terdapat cairan kimia dan solar yang ada di dalam gudang.

"Kepulan asap ini karena ada cairan kimia termasuk juga solar yang mempercepat besarnya api. Yang terbakar itu drum berisi solar, bagian samping mess, garasi milik warga, dan juga dapur. Ada yang luka, atas nama Ridwan (36), warga sekitar yang rumahnya tepat berada di belakang lokasi, jadi dia antusias memadamkan awal," tuturnya.

Dalam penanganan tersebut, pihaknya menurunkan 3 unit pancar dan 1 unit resque dengan jumlah personel 10 oramg.

"Kami langsung melakukan bloking area agar tidak menyebar ke area lainnya, karena ini pemukiman berdekatan langsung dengan area yang terbakar. Selanjutnya kami butuh back up dari mako, karena kondisi sangat merah, sehingga kami membutuhkan suplai air yag lumayan banyak," terangnya.

"Kebetulan kebakaran berlangsung lama sehingga cadangan solar di dalam drum tersebut mulai menipis, dan api akhirnya padam. Jadi tidak perlu cairan khsusu untuk penaganan ini,"ujar Indrahadi menambahkan.*** (MKB/GALAMEDIA)

Foto: Kebakaran menghanguskan gudang bahan bakar dan mess milik TNI di Jalan Kalidam RT 04/RW 11 Kelurahan Karangmekar, Kecamatan Cimahi Tengah, Kota Cimahi, Senin 2 Agustus 2021 /Laksmi Sri Sundari/Galamedia/
Gudang Bahan Bakar dan Mess Milik TNI Hangus Terbakar Gudang Bahan Bakar dan Mess Milik TNI Hangus Terbakar Reviewed by Komando Bhayangkara on Rating: 5

Tidak ada komentar