Breaking News

Pangdam Jaya Apresiasi 700 Penderita Kanker Ikuti Vaksinasi Massal di Kabupaten Tangerang


Komando Bhayangkara - Vaksinasi massal untuk masyarakat Kabupaten Tangerang, khususnya untuk yang memiliki penyakit penyerta (komorbid), kembali digelar Kodam Jaya pada Minggu kemarin (8/8).

Pangdam Jaya, Mayjen TNI Mulyo Aji, terkesima dan mengapresiasi dengan banyaknya Pasien Komorbid, terutama kanker, di Kabupaten Tangerang yang divaksin Covid-19.

Pasalnya, Mulyo mencatat dari keseluruhan peserta sebanyak 1.300 peserta yang mendaftar secara online, ada 700 peserta masuk ke bagian kelompok komorbid dengan berbagai penyakit bawaan seperti kanker.

"Di Kabupaten Tangerang sebanyak 700 orang itu adalah pasien kanker (komorbid) yang berani datang ke sini untuk melaksanakan vaksin," ujar Mulyo Aji dalam keterangan tertulis, Senin (9/8).

Menurutnya, antusiasme kehadiran pasien komorbid kali ini memang cukup besar dibanding pelaksanaan di lokasi lain seperti yang rutin berlangsung di Rumah Sakit Kanker Dharmais, Jakarta.

"Tetapi di Kabupaten Tangerang ini sangat luar biasa sekali," imbuhnya.

Sementara itu, Bupati Tangerang, A. Zaki Iskandar, mengucapkan terima kasih atas kerja sama Kodam Jaya, Pemerintah Kab. Tangerang, Kodim 0510/Tigaraksa, Perhimpunan Ahli Bedah Onkologi Indonesia (Peraboi), Kementerian Kesehatan, Yayasan Kanker Indonesia, serta Perhimpunan Dokter Paru Indonesia (PDPI).

"Saya ucapkan terimakasih telah memberikan vaksinasi kepada pasien pasien penyintas kanker, ini merupakan kolaborasi yang baik termasuk dengan Dinas Kesehatan dan Rumah Sakit Kabupaten Tangerang," Ucap Zaki.

Ke depan, Zaki berharap program vaksinasi bagi penderita/penyintas kanker ataupun penyakit-penyakit lainnya bisa juga dilakukan seperti halnya vaksinasi kemarin tersebut.

Ketua Peraboi, Walta Gautama menambahkan, vaksinasi bagi komorbid khususnya pasien kanker sangat penting dilakukan. Sebab, risiko kematian akibat terpapar Covid meningkat hingga enam kali lipat bagi pasien kanker.

"Apabila pasien normal terkena Covid, itu angka kematiannya kira-kira 4 sampai 5 persen. Tapi, pada pasien kanker, data di luar negeri kurang lebih 26 persen," demikian Zaki. (MKB/RMOL)

Foto: Peserta vaksinasi bersama petugas vaksinasi berpose bersama Bupati Tangerang, A. Zaki Iskandar dan Pangdam Jaya, Mayjen TNI Mulyo Aji di Kabupaten Tangerang, Minggu kemarin, 8 Agustus/RMOL
Pangdam Jaya Apresiasi 700 Penderita Kanker Ikuti Vaksinasi Massal di Kabupaten Tangerang Pangdam Jaya Apresiasi 700 Penderita Kanker Ikuti Vaksinasi Massal di Kabupaten Tangerang Reviewed by Admin Kab. Semarang on Rating: 5

Tidak ada komentar